Tekan Inflasi, Pelaku UMKM Diberi Bantuan Sembako

Tekan Inflasi, Pelaku UMKM Diberi Bantuan Sembako

Wakil Bupati Bengkulu Selatan H Rifai Tajuddin menyerahkan sembako kepada pelaku UMKM di Kecamatan Air Nipis beberapa waktu lalu-Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan memberikan bantuan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Penyaluran bantuan ini untuk membantun pelaku UMKM mengatasi sampak kebijakan pemerintah pusat dalam penyesuaian harga BBM yang berimbas pada lonjakan inflasi.

Wakil Bupati Bengkulu Selatan H Rifa'i Tajudin, S.Sos menyebutkan, tahap pertama, bantuan paket sembako ini menyasar 29 pelaku UMKM di Kecamatan Air Nipis.

Dalam penyerahan bantuan  melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usah Mikro (Disperindagkop-UM) BS bekerjasama dengan mitra Kios Sekundang. Untuk di Air Nipis, Toko Kilau Selatan di Desa Maras yang terpilih menyerahkan bantuan tersebut.

"Ya, pada tahap pertama ada 29 orang penggiat UMKM di Desa Maras Kecamatan Air Nipis menerima bantuan ini. Selanjutnya juga akan menyusul ratusan penerima lainnya dari total keseluruhan 500 orang pelaku UMKM se-Bengkulu Selatan," sebut Wabup.

BACA JUGA:UMKM dan Pedagang Harus Tersentuh Program Pembiayaan

Terpisah, Kepala Dinas Perindagkop-UM BS, Binagransya, MM menjelaskan, bantuan sembako ini bersumber dari dana APBD Perubahan (APBD-P) Kabupaten BS tahun 2022. Dimana, jumlah keseluruhan dana bantuan sebesar Rp 300 juta.

Dana tersebut akan dibagikan kepada 500 pelaku UMKM di Kabupaten BS yang terdampak kenaikan harga BBM. Hanya saja, bantuan bukan berupa uang tunai, melainkan bantuan yang diberikan berupa paket sembako.

"Masing-masing penerimaan mendapatkan bantuan sembako dengan total Rp 600 ribu untuk dua bulan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten BS, Nurmalena Gusnan yang ikut hadir pada penyerahan bantuan tersebut berharap bantuan yang diberikan dapat membantu meringankan beban perekonomian keluarga para pelaku UMKM di Kecamatan Air Nipis.

Semoga seperti ini dapat terus diberikan dengan tepat sasaran dan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Maka, dengan bantuan ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan keluarga masing-masing penerima," demikian Nurmalena. (one)

Sumber: wakil bupati bs