BREAKING NEWS: Pelamar PPK Pemilu 2024 di Bengkulu Selatan Membludak

BREAKING NEWS: Pelamar PPK Pemilu 2024 di Bengkulu Selatan Membludak

Anggota KPU Bengkulu Selatan, Asprian Toni saat memantau proses penyerahan berkas PPK Pemilu 2024 beberapa waktu lalu-andri irawan-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Jumlah pelamar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Bengkulu Selatan membludak.

Data terakhir yang dihimpun hingga pukul 17.11 WIB Rabu, 23 November 2022, pelamar PPK Pemilu 2024 yang terinput secara online melalui SIAKBA KPU sudah mencapai angka 482 orang. Terdiri 247 laki-laki dan 235 perempuan.

BACA JUGA:Mau Daftar PPK dan PPS Pemilu 2024 di Situs SIAKBA? Berikut 32 Langkah Lengkap dari KPU

Dari 11 kecamatan di Kabupaten Bengkulu Selatan, pelamar PPK dari Kecamatan Kedurang Ilir yang masih dibawah angka 30 pelamar.

"Kalau total sebenarnya ada 553. Tapi yang sudah diketahui jenis kelaminnya ada 482. Sisanya, ya mungkin baru sebatas mengisi NIK, nama dan alamat. Ya bisa dikatakan belum lengkap. Jenis kelamin saja belum diisi," kata Anggota KPU Bengkulu Selatan, Asprian Toni SE.

BACA JUGA:KPU Bengkulu Selatan Butuh 6.093 Personel Badan Ad Hoc di Pemilu 2024, Berikut Rinciannya

Jumlah pelamar PPK Pemilu 2024 di Bengkulu Selatan ini lanjut Asprian Toni akan terus bertambah. Terlebih, pendaftaran PPK ditutup pada 29 November 2022.

"Dari total 482 itu, terhitung Selasa (22/11/2022), ada 47 berkas dinyatakan terima. Dari 47 itu, baru 19 pelamar menyerahkan berkas fisiknya ke Sekretariat KPU Bengkulu Selatan," sebut Asprian Toni.

Proses pendaftaran PPK secara online melalui SIAKBA KPU ini menurut Asprian Toni sangat memudahkan pelamar.

BACA JUGA:Pendaftaran PPK Pemilu 2024 di SIAKBA KPU: Seluma 173, Kaur Baru 66 Orang

Jika pelamar telah mengisi seluruh biodata berikut mengupaload dokumen yang menjadi syarat, maka akan ada pemberitahuan jika pendaftaran PPK sudah diterima.

Sebaliknya, jika belum lengkap, Tim dari KPU Bengkulu Selatan akan mengirimkan pesan melalui email pelamar tersebut terkait dokumen apa saja yang belum lengkap dan perlu perbaikan.

BACA JUGA:DAMRI Berikan Diskon 10 Persen Tiket Perjalanan Jelang Akhir Tahun, Ini Syaratnya

"Di monitor kami akan tertera mana yang sudah lengkap, dan mana yang masih proses. Dari total pelamar yang mendaftar, memang masih sedikit pelamar yang dinyatakan berkas diterima. Lainnya, masih perlu perbaikan. Misal, ada yang belum mengupload surat keterangan hasil pemeriksaan kolesterol, tekanan darah dan kadar gula darah. Ada pula riwayat hidup tanpa ada fotonya," jelas Asprian Toni.

Nah, untuk pelamar yang dinyatakan pendaftaran PPK sudah diterima, silakan berkas aslinya yang sudah diupaload diserahkan ke Sekretariat KPU Bengkulu Selatan, dengan membawa tanda terima yang bisa didownload pada akun SIAKBA pelamar.

BACA JUGA:Mama Muda Ditangkap Polres Bengkulu Selatan, Ketika Digeledah? Alamak....
 
Berkas dokumen dimasukan dalam map bertulang.

Untuk pelamar PPK dari Kecamatan Kota Manna, Pasar Manna, dan Manna dimasukan dalam map warna merah.

Map hjau untuk Kecamatan Ulu Manna, Pino Raya, dan Pino.

BACA JUGA:Daftar Haji Hari Ini, Berangkat 48 Tahun Lagi: 20 CJH Bengkulu Selatan Terancam Batal Berangkat

Map kuning untuk Kecamatan Seginim, Kedurang, Kedurang Ilir, Bunga Mas, dan Air Nipis.

"Meski status berkas diterima, belum tentu berkas dinyatakan memenuhi syarat. Sebab, akan ada proses penelitian adminitrasi seluruh dokumen yang diterima KPU (Bengkulu Selatan) yang dimulai pada 21 November 2022. Jika dalam penelitian ini dinyatakan lengkap, barulah bisa mengikut tes tertulis," pungkas Asprian Toni. (**)

Sumber: