Pino Raya Ditetapkan Sebagai Kecamatan Paling Tertib Adminduk se Provinsi Bengkulu

Pino Raya Ditetapkan Sebagai Kecamatan Paling Tertib Adminduk se Provinsi Bengkulu

Camat Pino Raya menerima penghargaan dari Pemprov Bengkulu melalui Kadisdukcapil BS sebagai Kecamatan Paling tertib adminduk, Senin (19/12/2022).-rezan okto wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Prestasi membanggakan didapat Pemerintah Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan (BS).

kecamatan dengan luas wilayah sebesar 223,50 Km2 dan jumlah penduduk mencapai 22.735 jiwa ini didaulat sebagai kecamatan paling tertib administrasi kependudukan (adminduk) se-Provinsi Bengkulu Tahun 2022.

Penilaian ketertiban adminduk sendiri sudah mulai dilakukan oleh Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu sejak awal Oktober lalu.

BACA JUGA:Cipratan DAU dan DAK ke Pino Raya Minim, Anggota DPRD Ini Sindir Peroleh Suara Pilkada 2020

Setelah melalui penilaian yang panjang, akhirnya  piagam penghargaan persembahan  Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah diraih oleh Kecamatan Pino Raya.

Camat Pino Raya, Sulaiman Efindi, S.Sos, M.Si membenarkan raihan prestasi tersebut. Ia mengaku bangga atas pretasi yang didapatkan tersebut.

Baginya, piagam penghargaan yang diberikan Pemprov Bengkulu menunjukkan bahwa Kecamatan Pino Raya bisa tampil di tingkat Provinsi dan membanggakan Kabupaten BS.

BACA JUGA:Camat Pino Raya Intruksikan Seluruh Pemdes Serius Menerapkan Perdes Ternak

“Piagamnya sudah dikirim dari provinsi ke Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan. Tadi pagi (kemarin) piagamnya sudah saya terima dari Kadisdukcapil Bengkulu Selatan Bapak Lismanto Bayu,” ujarnya kepada Raselnews.com Senin (19/12/2022).

Diakui Sulaiman, tidak mudah untuk meraih prestasi sebagai kecamatan paling tertib adminduk tersebut.

Pihaknya harus melalui beberapa kendala serta rintangan saat mengajak masyarakat untuk tertib adminduk.

Salah satunya Kecamatan Pino Raya mewajibkan semua desa untuk meregistrasi ulang serta memperbarui data kependudukan setiap tiga bulan sekali secara jemput bola.

BACA JUGA:Camat Pino Raya Minta Pemdes Gesit Perbarui Data Warga

“Jadi sebelum adanya penilaian tertib adminduk dari tim provinsi. Kami memang berupaya memperbaiki adminduk masyarakat yang sebelumnya memang rancu.

Butuh waktu dua bulan untuk bisa memperbaiki data ini. Bersama pemerintah desa, kami lakukan program pemutakhiran data secara jemput bola,” beber Sulaiman.

Tak sampai di situ, tekad pihaknya untuk memperbaiki adminduk yakni guna menciptakan bank data masyarakat Kecamatan Pino Raya secara rapi dan mudah ditelaah.

BACA JUGA:Khusus Dewasa!!! Ini Kronologi Foto Syur Janda Pino Raya Menyebar

Sehingga, jika sewaktu-waktu masyarakat membutuhkan data ini maka proses pengiputannya lebih mudah dan ringan.

“Jadi yang sebelumnya belum ada KTP langsung kami buatkan. Yang belum ada Akte Kelahiran juga langsung kami buatkan.

Alhamdulillah hingga saat ini sudah 7.117 KK yang diterbikan di Pino Raya. Begitupun untuk data kependudukan lainnya,” kata Sulaiman.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Penyebar Foto Syur Janda Pino Raya Ditangkap, Motifnya Sakit Hati

Atas dasar itulah ia mengajak seluruh masyarakat Pino Raya agar terus mempertahankan ketertiban adminduk.

Bagi masyarakat yang membutuhkan pemutakhiran data adminduk agar segera datang ke Kantor Camat Pino Raya supaya dibantu prosesnya.

“Kami akan terus mempertahankan predikat ini. Mudah-mudahan di tahun depan Kecamatan Pino Raya bisa tembus nasional sebagai kecamatan paling tertib adminduk,” demikian Sulaiman.

BACA JUGA:Pino Raya Terpilih Pilot Project Tertib Adminduk

Terpisah Kadis Dukcapil Kabupaten BS, Lismanto Bayu, S.E mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Kecamatan Pino Raya.

Dirinya berharap kecamatan lain agar segera meniru langkah Kecamatan Pino Raya sebagai yang paling tertib adminduk pada tahun ini.

Tak sampai di situ, Lismanto juga meminta para Camat lain agar bekerja esktra menyosialisasikan catatan adminduk bagi warga baru ataupun pendatang lama yang belum ada KTP. (rzn)

Sumber: