Sambut tahun Baru Cuaca Ekstrem, Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan!

Sambut tahun Baru Cuaca Ekstrem, Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan!

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah-DOK-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengimbau masyarakat mengurangi aktivitas di luar ruangan saat merayakan malam pergantian tahun. Imbauan itu diberikan menyusul peringatan BMKG terkait prediksi cuaca ekstrem yang dapat melanda.

"Saya kira perayaan tidak penting, harus dihindari. Saya kira lebih baik berhati-hati, waspada dan jika tidak penting tidak perlu mengadakan kegiatan yang bisa menimbulkan persoalan," kata Gubernur, Kamis (29/12).

Gubernur mengatakan Pemprov Bengkulu tidak akan melaksanakan kegiatan apapun pada malam tahun baru. Namun pihaknya bersama Unsur Forkominda akan melakukan pemantauan di sejumlah objek wisata dan posko yang berpotensi ramai didatangi masyarakat.

BACA JUGA:Perkiraan Cuaca Tahun Baru, Ini Prediksi BMKG

Gubernur berharap masyarakat Bengkulu harus tetap semangat menyambut tahun baru 2023 dan melakukan evaluasi diri menjadi lebih baik dari sebelumnya. "Kita membangun semangat untuk menyambut tahun 2023," tegasnya.

Sebelumnya BMKG Bengkulu memprediksi cuaca buruk terjadi di sejumlah wilayah Bengkulu terutama di wilayah pesisir. Masyarakat juga diimbau mewaspadai gelombang tinggi hingga tiga meter yang dapat terjadi.

Alat Berat

Sementara itu, Dinas PUPR Provinsi Bengkulu menyiagakan alat berat di sejumlah titik rawan longsor dan perbatasan. Kesiapsiagaan dilakukan menyusul imbauan dari BMKG tentang potensi cuaca buruk.

Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso mengatakan tim juga disiagakan dan siap bertugas jika sewaktu-waktu dibutuhkan. "Ada sejumlah peralatan yang kami siagakan, seperti exapator," kata Tejo.

Peralatan juga disiagakan di jalur-jalur vital seperti objek wisata. “Sejumlah wilayah berpotensi menjadi tempat kunjungan masyarakat juga akan terus dipantau,” tutup Tejo.

BACA JUGA:10 Objek Wisata Kaur yang Aman Cuaca Buruk Saat Menyambut Pergantian Tahun

Sementara itu, masyarakat Kabupaten Seluma juga diminta selalu waspada menghadapi cuaca buruk yang diprediksi melanda Seluma. Berdasarkan koordinasi dan informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seluma dari BMKG Bengkulu, cuaca buruk akan masih terjadi hingga awal Januari 2023.

Kepala BPBD Seluma Mirin Ajib mengatakan hujan dengan intensitas sedang sampai deras akan terjadi di wilayah Seluma. Untuk antisipasi bencana, BPBD sudah menyiagakan seluruh satuan tugas (Satgas) dan menyampaikan imbauan kepada masing-masing kecamatan.

"Sampai 2 Januari (2023) prakiraan cuaca hujan sedang sampai deras. Untuk hujan hari ini (kemarin) masih intensitas sedang," ungkap Mirin.

BACA JUGA:Cuaca Ektrem, Waspada Banjir, dan Longsor

Untuk wilayah rawan banjir antaranya Kecamatan Sukaraja, Air Periukan, Lubuk Sandi, Semidang Alas, dan Ilir Talo. "Jadi kami imbau masyarakat yang berada di daerah rawan banjir mengantisipasi cuaca buruk yang terjadi," sambung Mirin.

Sementar aitu, dalam rangka pengamanan libur tahun baru, BPBD Seluma menugaskan personel bersama-sama berjaga di Pospam yang didirikan di Kota Tais dan Sukaraja. Selain itu juga menyiagakan bantuan tanggap darurat untuk antisipasi bencana. (cia/rwf)

Sumber: gubernur bengkulu