Mau Menanam Kelapa Sawit? Perhatikan 9 Faktor Utama Berikut, Nomor 8 Wajib Terpenuhi!

Mau Menanam Kelapa Sawit? Perhatikan 9 Faktor Utama Berikut, Nomor 8 Wajib Terpenuhi!

Harga TBS Sawit Sangat Dikeluhkan Petani di Bengkulu-andri irawan-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Membudidayakan tanaman kelapa sawit adalah salah satu usaha yang sangat menjanjikan khususnya di Negara Indonesia.

Selain  tanaman ini sangat banyak diminati masyarakat Indonesia, hal lain karena harga jual Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit  yang relatif tinggi.

BACA JUGA:Mau Kuliah Tapi Tak Ada Biaya? Daftar KIP Kuliah untuk SNPMB 2023, Berikut Cara dan Jadwalnya

Terlebih kelapa sawit adalah komoditas utama sektor perkebunan di Indonesia yang memiliki nilai ekspor tinggi dalam bentuk CPO (Crude Palm Oil) dan PKO (Palm Kernel Oil).

Meski demikian, sebelum memutuskan untuk menjadi petani sawit, petani terlebih dahulu harus mengetahui beberapa faktor penting yang menjadi pemicu kesuksesan budidaya tanaman kelapa sawit sehingga ideal.

BACA JUGA:Kartu Prakerja 2023 Sediakan Bansos Rp4.2 Juta, Simak Cara Daftar Agar Lolos

Sebab pengelolaan kepala sawit tidak hanya dilihat dari pertumbuhan tanamannya yang subur saja, akan tetapi kita juga harus memperhatikan kualitas dan produktivitas tanaman agar tumbuh maksimal dan menguntungkan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

BACA JUGA:Kementerian PUPR Bangun Akses Kedurang-Bunga Mas

Hal ini menjadi penting diperhatikan. Sebab jika kita tidak memperhatikan syarat tumbuh tanaman ini dengan baik, maka sudah dipastikan kita tidak akan memperoleh hasil yang maksimal.

Berikut ini 9 faktor yang dapat memaksimalkan pertumbuhan dan memacu produksi tanaman  kelapa sawit:

BACA JUGA:Horee..Honor Sekretaris & Staf PPS Pemilu 2024 Naik, Cek Syarat, Jadwal Pembentukan Sekretariat PPS di Sini

1. Teknis Budidaya

Budidaya tanaman kelapa sawit yang sesuai dengan standar GAP (Good Agricultural Practices) sangat berpengaruh terhadap maksimalnya hasil yang didapat. Hal ini agar buah sawit besar dan berat.

Beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam budidaya kelapa sawit yaitu pengolahan lahan, perawatan tanaman, panen, dan pasca panen.

Sumber: