Dana Desa dan ADD Tahap 1 Cair, Bupati BS: Segera Realisasikan

Dana Desa dan ADD Tahap 1 Cair, Bupati BS: Segera Realisasikan

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi-dok-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Bupati BENGKULU SELATAN (BS), Gusnan Mulyadi mengharapkan realisasi APBDes di masing-masing desa dapat lebih cepat direalisasikan. Apalagi rerata desa sudah selesai mengajukan pencairan DD maupun ADD tahap I.

Percepatan realisasi diharapkan membuat seluruh program tidak terhambat. Tidak ada keterlambatan dalam pengerjaan dan dapat memengaruhi perputaran ekonomi di tingkat desa.

BACA JUGA:Kades Muara Tetap Lapor Balik Warganya ke Polisi Usai Dituding Korupsi Dana Desa

“Segera realisasikan anggaran di desa. Tidak ada alasan bagi Kades atau pemerintah desa belum melakukan kegiatan.

Agar perekonomian desa dapat berjalan, segera realisasikan kegiatan yang sudah disusun. Apalagi setiap tahun Bengkulu Selatan selalu tercepat dan terbaik dalam penyaluran anggaran DD maupun ADD,” kata Bupati BS, Gusnan.

BACA JUGA:Kerugian Dana Desa Nanti Agung Rp300 Juta, Nih Rinciannya

Disampaikan Bupati BS, dalam ketentuan penggunaan APBDes tahun ini, Pemerintah Desa (Pemdes) diperbolehkan mengalokasikan dan meralisasikan anggaran untuk infrastuktur dan barang-barang yang dibutuhkan.

Hal itu sesuai ketentuan Peraturan Mendes-PDTT RI Nomor: 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023.

BACA JUGA:Tekasus, Serapan Dana Desa 3 Desa di Provinsi Bengkulu Tak Maksimal

Dari 100 persen DD, anggaran 20 persen boleh digunakan untuk pembelian barang pertanian hingga pembangunan infrastruktur fisik desa. Barang pertanian yang dimaksud berupa alat penyemprot hama dan semacam.

Begitupula dengan pembangunan infrastruktur, juga harus berkaitan dengan pemulihan ekonomi selain dari hewani dan nabati.

BACA JUGA:Desa Serdang Indah Kabupaten Kaur Jadi Fokus Pendampingan Pengelolaan Dana Desa, Ini Alasannya

“Kami berharap para pendamping desa, kecamatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) selaku OPD teknis benar-benar mengawasi penggunaan DD dan ADD agar tetap mengacu pada Perbup, serta terkhusus untuk alokasi 20 persen dari program yang akan dilakukan oleh setiap desa bisa digunakan untuk infrastuktur,” pesan Bupati BS.

BACA JUGA:Kabar Gembira...! Februari Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Bisa Dicairkan, Tapi...Penuhi Dulu Syarat Ini

Sumber: