Audit Inspektorat Seluma, BUMDes Lawang Agung Rugikan Negara Rp 96 Juta

Audit Inspektorat Seluma, BUMDes Lawang Agung Rugikan Negara Rp 96 Juta

Ilustrasi audit-istimewa-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Inspektorat SELUMA menemukan adanya anggaran Rp96 juta di BUMDes Lawang Agung Kecamatan Air Periukan yang tidak dipertanggungjawabkan.

"Sudah dilakukan audit. Ada temuan senilai Rp 96 juta. Temuan ini merupakan anggaran hibah yang tidak bisa dipertanggungjawabkan," tegas Inspektur Daerah Seluma, Marah Halim.

BACA JUGA:Masyarakat Minta Audit dana BUMDes Lawang Agung Seluma, Ternyata Ini Sebabnya

Menurutnya, temuan tersebut lantaran ada kesalahan adminitrasi oleh pengurus BUMDes. Namun seluruh temuan tersebut sudah dikembalikan oleh pengurus BUMDes pada awal bulan ini.

"Ada kesalahan administrasi. Yang jelas sudah dikembalikan sebelum finalisasi hasil temuan, pengurus BUMDes Lawang Agung sudah mengembalikan," tegas Marah Halim.

BACA JUGA:BUMDes Lawang Agung Seluma Diaudit Secara Khusus

Marah Halim mengatakan  apabila temuan ataupun kerugian sudah dikembalikan maka prosesnya belum akan dilanjutkan ke Aparat Penegak Hukum (APH).

Yang mana intinya, masih dilakukan pembinaan terhadap temuan yang ada.

"Jadi masyarakat sebelumnya menyampaikan surat permohonan untuk dilakukan audit khusus. Sehingga kami menindaklanjuti hal tersebut dengan langsung melakukan pemanggilan terhadap pengurus dan ketua BUMDes," pungkasnya.

BACA JUGA:Kisruh RSHD Manna Kian Panas, Giliran Dokter Spesialis Tuntut Audit Manajemen

Masyarakat meminta untuk audit khusus terkait dengan aset BUMDes yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, bukan karena realisasi penyertaan modal tidak sesuai dengan perencanaan.

Untuk penyertaan modal dari pemerintah desa setempat senilai Rp300 juta pada tahun 2021.

Seperti yang diketahui, Pemerintah Desa Lawang Agung setempat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2021 menganggarkan penyertaan modal senilai Rp 250 juta.

BACA JUGA:Alsintan Dinas Pertanian Tak Jelas, Bupati Bengkulu Selatan Perintahkan Ipda Audit, Hasilnya? Alamak....

Sumber: