5 Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Masih Hidup dan Telah Meninggal Dunia

5 Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Masih Hidup dan Telah Meninggal Dunia

cara berbakti kepada orangtua yang masih hidupi dan telah meninggal dunia-istimewa-raselnews.com

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Isra ayat 23-24 yang artinya:

BACA JUGA:Global Islamic Finance Summit 2023, Komitmen Kuat BSI Dorong Kemajuan Ekonomi Syariah Indonesia

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu-bapakmu dengan sebaik-baiknya.

Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu maka jangan sekali-kali kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkan kepada mereka perkataan yang mulia.

Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku kasihanilah mereka berdua, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil."

BACA JUGA:Sejarah Islam Masuk Ke Sumatera

3. Menjawab panggilan bila keduanya memanggil dan menaati semua perintahnya, kecuali perintah untuk berbuat maksiat. Sebagaimana firman-Nya:

"Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik dan ikutilah jalan orang-orang yang kembali kepadaku, kemudian hanya kepadaku-lah kembalimu maka kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan." (QS. Luqman: 15)

4. Memberikan makanan, pakaian, tempat tinggal, dan pelayanan yang baik bila kedua orang tua membutuhkan, sesuai dengan kemampuan yang telah diusahakan secara maksimal.

BACA JUGA:Clarence Seedorf Resmi Masuk Islam

5. Mengendalikan diri untuk tidak bersikap dan berperilaku tercela yang menyakitkan hati kedua orang tua, baik secara langsung (ditujukan kepada orang tua) atau tidak langsung (terhadap orang tua dari orang lain). Rasulullah SAW pun bersabda:

"Balasan dari sebesar-besarnya dosa besar ialah seorang mengutuk kedua orang tuanya. Beliau ditanya: Wahai Rasulullah, bagaimana orang sampai hati mengutuk kedua orang tuanya. Beliau bersabda: "Seseorang memaki terhadap ayah (ibu) orang lain, lalu orang lain yang ayah (ibunya) dimaki itu, memaki pula kepada ayah (ibu) si pemaki." (HR. Bukhari dan Muslim).

5 Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Telah Meninggal

BACA JUGA:Pemkab Berencana Bangun Islamic Center

Kewajiban berbuat baik pada kedua orang tua, masih harus dilakukan walaupun kedua orang tua sudah meninggal dunia. Rasulullah SAW telah mencontohkannya sebagaimana tercantum dalam sebuah hadis.

Malik bin Rabi'ah Assa'dy (sahabat Nabi saw) berkata: "Ketika kami duduk bersama Rasulullah saw, tiba-tiba datang seseorang dari Bani Salamah dan bertanya: "Ya Rasulullah apakah ada amal untuk berbakti kepada ayah dan ibu yang sudah meninggal dunia?" Rasulullah menjawab: Ya, ada, caranya adalah:

1. Menshoalatkan jenazah keduanya

2. Membacakan istighfar bagi keduanya, Allah SWT berfirman:

BACA JUGA:9 Ciri Anak Membawa Rezeki Bagi Orang Tua, Diantaranya Rajin Shalat


ابراهيم : ٤١ رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابِ

Artinya: "Ya Tuhan Kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu-bapakku serta sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari Kiamat)." (QS. Ibrahim 14:41)

3. Melaksanakan wasiat keduanya (bila wasiat itu bersifat islami)

4. Menjalin hubungan silaturahmi dengan kaum kerabat keduanya

5. Berlaku sopan dan hormat terhadap sahabat keduanya.

Demikianlah 5 cara berbakti kepada orang tua yang masih hidup dan yang telah meninggal dunia. (red)

 

Sumber:

Berita Terkait