Target PPDB SMK di Bengkulu Selatan Tidak Tercapai, SMK IT Al Malik Tak Ada Pendaftar, Berikut Info Lengkapnya

Target PPDB SMK di Bengkulu Selatan Tidak Tercapai, SMK IT Al Malik Tak Ada Pendaftar, Berikut Info Lengkapnya

Ilustrasi PPDB-istimewa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Ada yang menarik dari Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMK di BENGKULU SELATAN (BS) tahun pelajaran 2023/2023.

Hingga masa PPDB selesai, Kamis (6/7) masih ada satu sekolah yang tidak mendapatkan calon siswa baru, yakni SMK IT Al Malik.

Tak satupun calin siswa melamar di SMK IT Al Malik yang beralamat di Jalan Fatmawati Kecamatan Kota Manna tersebut.

Secara keseluruhan, PPDB SMK tahun akademik 2023/2024 ini tidak mampu memenuhi target yang ditetapkan Kantor Cabdindik Wilayah III Manna.

Total pendaftar calon siswa baru di tujuh SMK se-Bengkulu Selatan berjumlah 599 orang. Sementara target PPDB tahun ini mencapai 1.156 orang atau 34 rombongan belajar.

Kasi Pembina SMK dan Khusus Kantor Cabdindik Wilayah III Manna, Novon Defrianto, S.Pd mengatakan, tidak terpenuhi target PPDB SMK disebabkan adanya kebijakan zonasi yang diterapkan oleh SMA.

“Calon siswa baru yang mendaftar ke SMK memang jauh dari target. Tapi itu tidak masalah, setiap tahun jumlah siswa baru memeng fluktuatif," kata Novan.

Walaupun jumlah pendaftar tidak memenuhi target, tetapi enam SMK di Bengkulu Selatan tetap mendapatkan siswa baru.

Berbeda dengan SMK IT Al-Malik tidak mendapatkan peserta didik baru sama sekali.

Belum diketahui kenapa calon siswa baru tidak berminat mendaftar ke SMK IT Al Malik.

Namun yang jelas saat ini Sekola itu tengah berurusan dengan Aparat Penegak Hukum (APH) lantaran terseret kasus dugaan penyelewengan dana BOS.

“Khusus Al-Malik kami tidak mendapatkan laporan alias nol. Kami tidak tahu kondisi di lapangan seperti apa, apakah mereka sosialisasi atau tidak. Namun sementara ini peminatnya turun,” beber Novon.

Sementara itu, khusus hasil PPDB tingkat SMA se-Bengkulu Selatan masih menunggu penyelesaian pendaftaran ulang dari calon siswa hingga Sabtu (8/6).

Setelah itu, semua siswa yang terverifikasi akan mengikuti orientasi sebagai rangkaian pemantapan peserta didik baru.

Sumber: kasi pembina smk dan khusus kantor cabdindik wilayah iii manna