Jelang Pilkades Pemilu dan Pilkada Goa Ini Ramai Dikunjungi, Ternyata Air Ini Alasannya

Jelang Pilkades Pemilu dan Pilkada Goa Ini Ramai Dikunjungi, Ternyata Air Ini Alasannya

Goa Lawa Purbalingga-istimewa-raselnews.com

Nama Sendang Drajat telah ada turun-temurun sejak zaman dahulu. Menurut cerita lokal, nama ini berasal dari kunjungan Sunan Drajat ke tempat ini.

BACA JUGA:11 Fakta Goa Suruman Bengkulu yang Menarik Diketahui, Ada Spot Hujan Abadi Hingga Aula Pelaminan

Konon, Sunan Drajat pernah singgah di tempat ini dan mengambil air dari sendang tersebut untuk mandi. Oleh karena itu, masyarakat setempat menamainya Sendang Drajat.

Selain itu, air dari Sendang Drajat juga dipercaya memiliki banyak manfaat.

Mencuci wajah dengan air ini konon bisa menjaga keawetan kulit. Bagi pasangan yang belum memiliki keturunan, mengonsumsi air ini bisa membantu mempercepat kehamilan.

Selain itu, berwudhu atau mandi dengan air dari Sendang Drajat juga diyakini bisa meningkatkan derajat seseorang.

BACA JUGA:Kutukan Si Pahit Lidah, Putri Dayang Merindu Jadi Batu, Berikut Asal Usul Goa Putri

Selain itu, melalui meditasi yang dilakukan setelah menggunakan air dari Sendang Drajat, keinginan atau tujuan seseorang bisa terwujud.

Oleh karena itu, menjelang masa pemilihan, calon anggota legislatif atau calon kepala daerah sering datang ke Sendang Drajat.

Orang-orang yang datang untuk melakukan ritual ini biasanya datang pada malam-malam tertentu yang dianggap sakral. Mereka diberikan panduan untuk memasuki gua dan melaksanakan rangkaian ritual.

BACA JUGA:Air Terjun Dalam Goa di Muara Sahung

Ritual dimulai sejak memasuki mulut gua dengan mengikuti adab dan doa-doa khusus. Kemudian, peserta ritual menuju Sendang Drajat. Pengunjung bisa sekadar berwudhu atau bahkan mandi dengan air dari sendang ini.

Setelah itu, dengan membawa air dari Sendang Drajat, prosesi berlanjut ke Lorong Panembahan. Di tempat ini, para pengunjung dapat melakukan meditasi.

Banyak yang percaya bahwa tempat ini memiliki energi negatif yang kuat, sehingga meditasi di sini dapat membersihkan hati dan pikiran, serta mendekatkan dengan dunia rohaniah.

BACA JUGA:Wow… Ada Air Terjun Dalam Goa di Kaur

Sumber: