Sepanjang Bulan Agustus, Inflasi di Bengkulu Capai 3,40 Persen, Ini Pemicunya

Sepanjang Bulan Agustus, Inflasi di Bengkulu Capai 3,40 Persen, Ini Pemicunya

ilustrasi inflasi di bengkulu-istimewa-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi BENGKULU menyebut, pada bulan Agustus 2023, Inflasi Kota BENGKULU sebesar 3,40 persen. Dengan indeks harga konsumen sebesar 115,46.

Komoditas yang dominan memberikan andil/sumbangan inflasi y-on-y pada Agustus 2023, antara lain, bensin, rokok kretek filter, beras, pemeliharaan atau service, mobil, solar, bahan bakar rumah tangga, rokok putih, tarif kendaraan travel, dan angkutan dalam kota.

BACA JUGA:Viral! Minum Setelah Makan Bisa Mengganggu Pencernaan, Ini Kata Pakar

BACA JUGA:Tips Jitu Agar Lulus Seleksi CPNS dan PPPK 2023

Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Win Rizal mengatakan, komoditas lainnya yang memberikan andil atau sumbangan deflasi antara lain cabai merah, bawang merah, daging ayam ras, cabai rawit, ikan dencis, minyak goreng, jengkol, cabai hijau, ikan tuna, dan jeruk.

"Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks harga kelompok pengeluaran," kata Win Rizal.

BACA JUGA:Telat Daftarkan Anak ke BPJS Kesehatan Kena Denda, Ini Ketentuannya

BACA JUGA:5 Barang di Rumah yang Dipercaya Membuat Rezeki Seret

Dia mengatakan, dari 24 kota di wilayah Sumatera yang dipantau pada bulan Agustus 2023 ini, semua kota mengalami inflasi.

Dengan angka inflasi sebesar 3,23 persen, kota Bengkulu menempati urutan ke empat di wilayah Sumatera.

"Pada Agustus 2023 tingkat inflasi dari tahun ke tahun kota Bengkulu sebesar 3,40 persen, lebih rendah dari bulan Agustus 2022 yang sebesar 5,61 persen," pungkasnya. (red)

Sumber: kepala badan pusat statistik bengkulu