H-3 Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK 2023, MenPAN-RB Minta Honorer Tidak Tergoda!

H-3 Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK 2023, MenPAN-RB Minta Honorer Tidak Tergoda!

Bukan 9 Oktober! Pendaftaran PPPK untuk 3 Kelompok Pelamar Ini Ditutup 29 September 2023-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - H-3 Pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK 2023, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan peringatan kepada honorer yang berencana mendaftar untuk PPPK 2023 agar tidak tergoda dan tetap fokus pada instansi tempat mereka saat ini bekerja.

Mereka disarankan untuk tidak tergoda untuk mendaftar di instansi lain, bahkan jika itu berarti harus pindah ke kabupaten/kota atau provinsi yang berbeda.

BACA JUGA:RESMI! BKN Rilis Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Pendaftaran 17 September, SKD 4 November

MenPAN-RB, Abdullah Azwar Anas melalui Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaaan Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB, Aba Subagja, menjelaskan dalam seleksi PPPK 2023, termasuk untuk guru, tenaga kesehatan, dan posisi teknis, pelamar honorer hanya diizinkan melamar di instansi tempat mereka saat ini bekerja.

Dia juga mencatat bahwa KemenPAN-RB telah mengeluarkan regulasi untuk pengadaan PPPK guru, tenaga kesehatan, dan posisi teknis, bersama dengan CPNS.

BACA JUGA:MenPAN-RB Bawa Kabar Bahagia untuk Tenaga Honorer Tanpa Formasi, WAJIB SIMAK!

Dalam hal tenaga honorer, Aba Subagja menekankan bahwa KemenPAN-RB memberikan afirmasi sesuai dengan persyaratan bahwa 80 persen dari formasi harus diisi oleh honorer.

Namun, dia menegaskan bahwa afirmasi hanya diberikan jika honorer tersebut melamar di instansi tempat mereka saat ini bekerja.

Jika mereka memilih untuk pindah ke instansi atau lokasi lain, mereka akan dianggap sebagai pelamar umum, dan afirmasi honorer tidak akan diberikan.

BACA JUGA:Mulai 1 September 2023, Harga 4 Jenis BBM Pertamina Ini Resmi Naik

Aba juga menyadari bahwa jumlah formasi PPPK 2023 tidak sebanyak jumlah honorer yang ada. Oleh karena itu, ada kemungkinan honorer ingin melamar untuk formasi di luar daerah mereka saat ini.

Namun, dia memberi peringatan agar tidak melakukan hal tersebut. Sebab, tujuan pengangkatan PPPK dari kalangan honorer adalah untuk mengisi kekurangan tenaga non-ASN yang tersebar di seluruh daerah.

Jika seseorang ingin melamar untuk formasi di luar instansi atau lintas daerah, mereka harus melakukannya melalui jalur pelamar umum. Ini berarti bahwa mereka akan bersaing dengan pelamar umum lainnya.

BACA JUGA:TERBARU! 4 Kementerian dan Instansi Resmi Umumkan Formasi CPNS dan PPPK 2023, No 1 Paling Banyak

Diketahui, pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK 2023 akan dibuka 17 September - 6 Oktober 2023. Pendaftaran dilakukan secara online melalui sscasn.bkn.go.id.

Total formasi yang disediakan sebanyak 572.496 dengan rincian

1. Pemerintah Pusat: 78.862

  PNS: 28.903

  PPPK: 49.959

BACA JUGA:SKD CPNS 2023 Digelar 4 November, Berikut Kisi-kisi Soal TWK TIU dan TKP Lengkap dengan Jawaban

2. Pemerintah Daerah: 493.634

   PPPK Guru: 296.084

   PPPK Tenaga Kesehatan: 154.724

   PPPK Teknis: 42.826. (red)

Sumber: