8 Produk Israel yang Diboikot Dunia, Nomor 1 Laris di Indonesia

8 Produk Israel yang Diboikot Dunia, Nomor 1 Laris di Indonesia

8 Produk Israel yang Diboikot Dunia, Nomor 1 Laris di Indonesia-istimewa-

RASELNEWS. COM - Konflik Israel-Palestina memunculkan gerakan BDS Movement adalah gerakan memboikot produk Israel atau produk hasil perusahaan yang jadi penyumbang bagi Israel.

Memboikot produk Israel menjadi salah satu upaya perlawanan terhadap Israel dengan maksud untuk memberikan berikan tekanan ekonomi, agar Israel berikan hak setara kepada Palestina.

Ada 8 produk Israel yang resmi diboikot dunia. Bagaimana dengan Indonesia?

BACA JUGA:BPS Sebut Produksi padi di Bengkulu Tahun 2023 Turun, Kemarau dan El Nino Biang Keroknya

Berikut 8 produk Israel yang diboikot dalam gerakan BDS Movement di seluruh dunia serta semua produk perusahaan yang mendukung Israel.

1. Puma

Puma merupkana merek sepatu ternama yang sudah malang melintang di Indonesia. Penjualannya telah banyak di supermarket Indonesia.

Puma didirikan Rudolf Dassler di Jerman pada Tahun 1948. Puma menjadi produsen pakaian olahraga, mulai celana, baju, tas yang dibranding sama dengan nama Puma.

BACA JUGA:Google Alihkan Produksi Smartphone Pixel di India

2. Adidas

Puma dan Adidas tak lain saudara kandung. Pendiri Adidas adalah Adolf Dassler pada tahun 1920, yang menjadi produsen sepatu dan pakaian olahraga sama seperti Puma.

3. Axa

AXA Adalah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi yang telah ada di Indonesia sejak 1988.

Axa berinvestasi di beberapa Bank Israel yang bercampur tangan di tanah Palestina.

BACA JUGA:Bukan Hanya Makanan dan Minuman, Karmin Juga Digunakan di Produk Kecantikan, Ini Kodenya

Bank Israel yang sahamnya dikuasai Axa diantaranya Bank Hapolim, Bank Leumi dan Mizrah Thfot.

4. Soda Stream

Soda Stream adalah sebuah alat rumahan yang bisa merubah air biasa menjadi air berkarbonasi dalam hitungan detik. Alat ini juga bisa membuat soda.

Soda Stream dinilai secara aktif turut serta dalam kebijakan Israel yang menggusur warga Palestina yaitu Suku Bedoin di Nakap- nakap.

BACA JUGA:Sejarah dan Perkembangan HP, Motorola HP Pertama Dibuat, Segini Biaya Produksinya

5. Ahafa

Ahafa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik yang pernah terkenal dan viral karena membuat kosmetik dari lumpur yang berasal dari Laut Mati.

Menurut catatan BDS Movement Ahafa, kosmetik tersebut memiliki situs produksi pusat kunjungan dan tokoh utama di pemukiman Israel illegal.

6. Humus Sabraah

Humnus Sabraah merupakan usaha patungan antara Pepsi dan Straus Group sebuah perusahaan makanan Israel, yang memberikan dukungan finansial kepada tentara Israel.

Straus Group menghasilkan produk seperti: susu, kopi, air mineral, makanan ringan, salad serta saus sambal.

BACA JUGA:Dampak El Nino, Produksi Kopi Bengkulu 2024 Diprediksi Turun, Namun Harga Masih Tinggi

7. Siemens

Siemens tak asing lagi. Ini adalah nama handphone jadul yang pernah ngetren pada zaman dahulu. Tapi perusahaan Siemens tidak hanya produksi ponsel.

Perusahaan Siemens juga terlibat dalam usaha illegal Israel untuk pembangunan Euroasia Interconector, sebuah proyek jaringan listrik yang menghubungkan jaringan listrik Yunani - Cyprus dan Israel melalui kabel listrik bawah laut terpanjang di dunia.

8. Hewlett- Packard (HP)

Hewlett salah satu produk laptop dan komputer yang paling laris di pasar elektronik Indonesia. Adalah sebuah perusahaan yang didirikan di sebuah garasi di Palo, Alto Amerika Serikat.

Menurut BDS Movement, perusahaan Laptop merek HP menyediakan dan mengoperasikan teknologi yang digunakan oleh tantara dan polisi Israel.

BACA JUGA:Masih Dijual di Pasaran, BPOM Sebut 13 Produk Kosmetik Ini Ilegal dan Mengandung Merkuri

HP juga menyediakan Tianium server eksklusif kepada otoritas penduduk dan imigrasi Israel.

Demikian daftar 8 produk Israel yang telah diboikot di dunia. Apakah Indonesia termasuk?. (red)

Sumber: