Jepang Kembali Terlibat Skandal, Toyota Tunda Kirim 10 Model Kendaraan! Fortuner dan Innova Amankah?

Jepang Kembali Terlibat Skandal, Toyota Tunda Kirim 10 Model Kendaraan! Fortuner dan Innova Amankah?

Jepang kembali terlibat skandal, kali ini fortuner terlibat-istimewa-Tangkapan layar yaoutube R Indra Permana

Untuk menjelaskan kronologisnya, komite investigasi khusus menemukan ketidaksesuaian dalam sertifikasi mesin diesel yang dikembangkan oleh Toyota Industries Corporation (TIC).

BACA JUGA:3 Mobil Bekas Imut Tahun Muda Harga Rp 50 Jutaan, Agresif dan Anti Macet

Toyota Motor Corporation menugaskan TIC untuk mengembangkan mesin diesel, dan hasilnya, terdapat potensi pelanggaran peraturan sertifikasi emisi domestik.

Pengujian output tenaga mesin dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak yang berbeda dari yang digunakan dalam produksi massal, menghasilkan nilai yang tampak lebih baik dengan variasi yang lebih sedikit.

BACA JUGA:SUV Suzuki Brezza Dibanderol 100 Jutaan, Toyota Rush dan Daihatsu Rocky Panik Gak Ya?

Sebagai respons, Toyota mengumumkan penangguhan pengiriman 10 model kendaraan terdampak dan melakukan verifikasi ulang terhadap produksi massal yang telah dilakukan di pabrik.

Mereka berjanji untuk memastikan bahwa mesin dan kendaraan yang terpengaruh dapat memenuhi standar kinerja yang ditetapkan.

BACA JUGA:Harga Mobil Baru Ini Lebih Murah dari iPhone, Cuma Rp 20 Jutaan, Minat? Intip Speksnya

Dampak dari skandal ini tidak hanya terasa di dunia otomotif, tapi juga mencapai pasar saham.

Saham Toyota Industries turun 4 persen setelah kasus ini terungkap. Hal ini mengingatkan kasus serupa yang melibatkan Daihatsu lebih dari 30 tahun yang lalu, yang memberikan dampak serius pada saham Toyota Industries.

BACA JUGA:Sang 'Preman' SPBU Naik Kelas, Motor Sport Terbaru Suzuki Thunder 125 Kini Dibekali Mesin 150 CC

Bukan hanya itu, kasus ini juga menimbulkan keraguan bagi konsumen apakah mereka masih percaya pada mobil Jepang atau akan mulai beralih ke merek lain, termasuk mobil Cina.

Dengan kasus ini, kepercayaan pada mobil Jepang, baik yang terjangkau maupun yang premium, benar-benar terguncang. (man)

Sumber: youtube r indra permana