Benarkah Mobil RWD Lebih Kuat Nanjak Dibandingkan Mobil FWD? Jangan Tertipu, Simak Penjelasan Berikut
TANJAKAN: Mobil berpengerak roda belakang atau RWD saat mendaki tanjakan-istimewa-raselnews.com
RASELNEWS.COM - Pabrikan mobil ternama terus mengembangkan mobil berpenggerak roda belakang atau real wheel drive (RWD) maupun mobil berpenggerak roda depan atau FWD.
Berbagai merek dan varian mobil RWD dan FWD terbaru terus bermunculan dilengkapi teknologi canggih dan fitur fitur moderen.
Dibalik pesatnya perkembangan teknologi otomotif ini ada yang beranggapan jika mobil RWD yang berpengerak roda belakang lebih unggul saat melintasi medan tanjakan ekstrim dibandingkan mobil FWD atau mobil berpenggerak roda depan.
BACA JUGA:Mobil Keluarga Mewah dan Berkelas Luar Dalam, Harga Di Bawah 60 Jutaan, Dijamin Tidak Disangka Mobil Murah
Lantas apakah anggapan ini benar, agar tidak tertipu dan salah mendapatkan informasi, berikut ulasan lengkapnya.
Secara umum, kekuatan putaran mesin mobil RWD dan FWD saat mendaki tanjakan sama saja, tergantung dengan kelas dan kemampuan mesin masing masing mobil.
Namun perlu dipahami saat mobil mendaki tanjakan berat mobil cendrung pindah ke roda belakang karena efek grafitasi.
BACA JUGA:Isuzu Luncurkan Mobil Mewah Penjelajah Sejati, Tampilan Keren, Mesin Disel Tangguh dan Ramah Lingkungan
Nah pada mobil berpenggerak roda belakang atau RWD, roda belakang menerima daya dari mesin dan transmisi saat mobil melibas tanjakan atau mendaki.
Ini dapat meningkatkan traksi pada roda belakang, membantu saat mendaki tanjakan.
Kemudian yang kedua, mobil berpenggerak belakang RWD memiliki cengkraman ban yang lebih baik sehingga tidak mudah selip saat melewati tanjakan.
BACA JUGA:Honda Luncurkan Skutik Terbaru, Lebih Keren dan Sporty dari Vario 160, Yamaha Aerox Bisa Babak Belur
BACA JUGA:Mobil Suzuki XL7 Hybrid, Saingan Berat BR-V N7X Edition, Ternyata Seperti Ini Spesifikasinya
Namun harus diingat juga desain mobil, berat kendaraan, jenis ban, serta keadaan jalan juga menjadi faktor penentu mobil melintasi tanjakan.
Sementara mobil berpenggerak roda depan atau FWD, daya dari mesin dan transmisi disalurkan ke roda depan.
Ketika kendaraan FWD sedang menanjak, berat kendaraan cenderung pindah ke roda belakang, tetapi traksi utama tetap pada roda depan.
BACA JUGA:Cara Daftar dan Syarat Mudik Gratis Lebaran 2024, Kuota Terbatas
BACA JUGA:Tombol Kirim Higgs Domino Island Hilang? HDI Sampaikan Kabar Baik, Pemain Pasti Senang
Ini dapat membantu kendaraan mempertahankan daya dan traksi saat menanjak.
Distribusi berat kendaraan umumnya lebih condong ke depan pada kendaraan FWD, meningkatkan traksi pada roda depan dan membantu kendaraan menanjak lebih baik.
Namun, jika kontrol mobil keluar dari kendali, ban akan menjadi selip dan akan sulit untuk menanjak.
BACA JUGA:Murah dan Irit, 3 Mobil Mini Ini Memang Cocok Untuk Anda yang Tinggal di Gang Sempit, Harga Cuma 30 Juta
Sehingga sulit untuk membedakan kendaraan RWD atau FWD yang lebih unggul saat mendaki tanjakan.
Hanya saja kunci utamanya dalam mengendalikan mobil saat mendaki tanjakan adalah memahami karakteristik mobil dipadukan dengan teknik mengemudi yang tepat.
Memahami cara merespon terhadap tanjakan dan mempertahankan traksi dapat membantu mengemudi lebih aman dan efisien.
BACA JUGA:Honda Panik! Suzuki Rilis Skutik Setangguh Motor Bebek Shogun SP 125
BACA JUGA:Dibanderol Rp 49 Juta, Motor Sport TVS Apache RR310 Justru Buat Bikers Indonesia Kecewa
Sejatinya, baik FWD maupun RWD bisa digunakan melewati tanjakan selama pengendara ahli dan cermat dalam menentukan momentum.
Intinya adalah teknik mengemudi yang baik. Bahkan jika menggunakan mobil 4x4, tapi tidak memiliki teknik menanjak yang baik, juga akan mengalami kendala. (stb)
Sumber: dikutip dari berbagai sumber