8 Fakta Menarik Burung Shrike atau Pentet, Hewan Berbulu Indah Namun Dikenal Predator Sadis

8 Fakta Menarik Burung Shrike atau Pentet, Hewan Berbulu Indah Namun Dikenal Predator Sadis

8 Fakta Menarik Burung Shrike atau Pentet, Hewan Berbulu Indah Namun Dikenal Predator Sadis-istimewa-tangkapan layar youtube peternak milineal

RASELNEWS.COM - Apakah di antara kalian ada yang familiar dengan Burung Shrike? Tubuhnya relatif kecil dengan berat sekitar 60-70 gram, dan warnanya sangat indah.

Spesies ini banyak ditemukan di Amerika Utara, Eropa, Asia, dan Afrika. Namun, jangan tertipu oleh penampilan lucu mereka.

Meskipun kecil, burung shrike mampu menghadapi mangsa yang jauh lebih besar. Bahkan, mereka sering memburu tikus dan katak, dan dikenal sebagai predator yang cukup ganas.

BACA JUGA:Bukan Dikubur, Jasad Manusia di Sini 'Dihidangkan' untuk Burung Bangkai

Berikut ini 8 fakta menarik burung shrike atau di Indonesia dikenal dengan sebutan pentet.

1. Memangsa Mangsa Besar

Meskipun tubuhnya kecil, Burung Shrike sering memburu mangsa yang jauh lebih besar dari mereka, seperti tikus dan serangga.

Mereka menggunakan paruh tajam mereka untuk melumpuhkan mangsa dengan menggigit bagian sumsum tulang belakang, membuatnya lumpuh.

BACA JUGA:7 Sarang Burung Terindah dan Paling Menakjubkan

2. Suara yang Merdu

Julukan lain untuk pentet adalah "lagu head Shrike" atau "burung penyanyi". Mereka memiliki suara yang merdu dan sering mengeluarkan cuitan saat berada di habitat alaminya.

3. Beragam Habitat

Meskipun biasanya ditemukan di hutan terbuka, burung pentet dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari dataran rendah hingga pegunungan, bahkan di perkotaan.

BACA JUGA:Fakta Unik Burung Tali Pocong: Hewan Berekor Cantik dan Bersuara Merdu, Murai Batu Kalah Jauh

4. Membunuh dengan Paruh Tajam

Burung Shrike atau Pentet membunuh mangsanya dengan cara mematuk atau menjepitnya ke tempat yang sempit, seperti ranting pohon atau kawat berduri. Mereka kemudian menunggu mangsa mati sebelum menyantapnya.

5. Memangsa Mangsa Beracun

Selain mangsa biasa seperti serangga dan tikus, burung ini juga memangsa hewan beracun seperti kupu-kupu raja dan katak.

BACA JUGA:Fakta Unik Burung Bubut: Hewan yang Bisa Menyembuhkan Patah Tulang Hingga Luka Bakar

Sumber: