Jelang Tes PPPK dan CPNS Calo Mulai Gentayangan, Ini Pesan Sekda Bengkulu Selatan

Jelang Tes PPPK dan CPNS Calo Mulai Gentayangan, Ini Pesan Sekda Bengkulu Selatan

Sekda Bengkulu Selatan, Sukarni-sugio aza putra-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Menjelang dimulainya tahapan tes PPPK dan CPNS di Kabupaten BENGKULU SELATAN, para calo mulai gentayangan mencari korban.

Mereka menawarkan jasa dan mengimingi bisa meluluskan peserta tes PPPK dan CPNS, dengan syarat menyetor uang dengan nilai fantastis.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Raselnews.com, tarif yang diminta calo kepada peserta mencapai puluhan juta rupiah. Calon peserta tes PPPK yang didekati calo adalah untuk formasi guru. Sebab formasi guru memang lebih banyak dibanding formasi lain.

BACA JUGA:Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2024: Kementerian Agama Buka Formasi 110.553 ASN

Menyikapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Bengkulu Selatan, Sukarni, M.Si mengimbau calo peserta tes PPPK dan CASN tidak percaya dengan iming-iming atau janji yang ditawarkan para calo.

"Kalau ada yang menawarkan jasa atau menjanjikan kelulusan seleksi PPPK ataupun CASN sebaiknya tidak perlu ditanggapi, jangan dipercaya. Jangan percaya dengan iming-iming siapapun," pesan Sekda saat ditemui Raselnews.com, Senin (29/4).

Dikatakan Sekda, tidak ada pihak manapun yang dapat membantu meluluskan peserta tes seleksi PPPK atau CASN. Sebab tes dilakukan secara online atau CAT. Semuanya diatur menggunakan sistem komputer yang dikelola oleh pihak panitia ditingkat nasional secara langsung.

BACA JUGA:Kementerian PUPR Rekrut Puluhan Ribu CPNS dan PPPK 2024, Tenaga Teknis Tersenyum Lebar

"Saya sudah pernah mengikuti alur seleksi PPPK dan CASN, memang tidak ada celah (bermain curang) disitu. Semuanya sudah online, tesnya dilakukan secara online yang dikontrol sistem. Jadi kalau ada pihak yang menjanjikan bisa bantu meluluskan, itu tidak masuk akal," ucap Sekda.

Mantan Kadis Pertanian Bengkulu Selatan ini berpesan kelada calon peserta tes PPPK dan CPNS agar fokus membantu diri sendiri untuk bisa lulus, bukan mengandalkan bantuan pihak lain. Cara untuk membantu diri sendiri adalah dengan memperbanyak waktu belajar menjelang tes.

BACA JUGA:Siapkan Dokumen! Kemensos Buka Formasi CPNS dan PPPK 2024, Berikut Rinciannya

"Pesan saya kepada calon peserta PPPK dan CASN, agar fokus saja menyiapkan waktu untuk tes dengan cara perbanyak waktu untuk belajar, latihan mengerjakan soal dan lainnya. Mudah-mudahan dengan usaha itu, bisa mendapat hasil sesuai harapan," tukas Sekda. (yoh)

Sumber: