74 Kelompok Tani di Bengkulu Selatan Terima Bantuan 84 Mesin Pompa Air, Gratis? Berikut Rinciannya

74 Kelompok Tani di Bengkulu Selatan Terima Bantuan 84 Mesin Pompa Air, Gratis? Berikut Rinciannya

Kelompok tani di Bengkulu Selatan saat hendak membawa bantuan mesin pompa air irigasi -andri irawan-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Sebanyak 84 unit mesin pompa air 4 inc berbahan bakar solar dan 3 inc berbahan bakar pertalite disalurkan Bidang Sarana dan Prasarana (Sapras) Dinas Pertanian BENGKULU SELATAN (BS) kepada kelompok tani.

Bantuan ini pastinya gratis alias tanpa adanya pungutan mengingat berasal dari Dirjen Sapras Kementerian Pertanian tahun 2024.

BACA JUGA:Sebagian Lahan Sawah Petani di Bengkulu Masih Kekeringan, DPRD: Perbanyak Saluran Irigasi

Mesin diberikan kepada 74 kelompok tani di dengan tujuan penambahan areal tanam lahan persawahan dan menghadapi el nino yang kemungkinan terjadi di tahun ini. 

Penyerahan bantuan ini secara simbolis telah dilakukan Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi pada Rabu, 5 Juni 2024 di halaman Distan BS.

Kabid Sapras Distan BS, Feri Soeprapto melalui Fungsional Pengawas Mutu Hasil Pertanian, Rizon Suprianto menyebut, 84 pompa air ini menyasar dengan 2 kriteria.

BACA JUGA:Stok Beras Bengkulu Bertambah, Ratusan Hektar Sawah Mulai Penan, Harga Beras Mulai Melandai

Pertama, sawah tadah hujan dengan tingkat produksi kurang dari 4,5 ton/Ha. Kedua sawah irigasi teknis yayng tidak bisa memanfaatkan air secara maksimal.

"Ada 84 unit terdiri dari pompa 4 inc sebanyak 10 unit dan pompa 3 inc ada 74 unit. Mesin pompa 4 inc diperuntukan kelompok dengan luasan areal sawah minimal 15 hektar. Sementara 5,5 PK untuk sawah 10 hektar," sebut Rizon.

74 Kelompok Tani ini menurut Rizon tersebar di 10 kecamatan. Penetapan penerima berdasarkan hasil verifikasi Dinas Pertanian Bengkulu Selatan bersama Babinsa dan petugas lapangan.

BACA JUGA:Polisi Tetapkan 1 Tsk Kasus Konflik Batas Sawah yang Menewaskan 3 Petani Bengkulu Selatan

Berikut jumlah dan luasan hektar sawah milik kelompok tani yang menerima bantuan mesin pompa air irigasi tahun 2024 di Bengkulu Selatan:

1. Pino: 19 Kelompok dengan 162,86 hektar

2. Manna: 22 Kelompok dengan 278 hektar

Sumber: