Bukan Hanya Pahala, Sedekah Subuh Bisa Membuat Kaya, Ini Alasan dan Caranya

Bukan Hanya Pahala, Sedekah Subuh Bisa Membuat Kaya, Ini Alasan dan Caranya

Bukan Hanya Pahala, Sedekah Subuh Bisa Membuat Kaya, Ini Alasan dan Caranya-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Salah satu amalan yang diajarkan dalam agama Islam adalah bersedekah. Namun, bersedekah bukanlah kewajiban yang harus dilaksanakan, karena sedekah adalah amalan yang dilakukan atas dasar keikhlasan hati.

Sedekah memiliki beragam jenis, salah satunya adalah sedekah subuh.

BACA JUGA:Putri Duyung Mitos atau Fakta? Ini Menurut Islam

Sedekah subuh adalah kegiatan memberikan harta untuk kebaikan sesama setelah melaksanakan salat Subuh. Keutamaan sedekah subuh terletak pada saat dilakukan, karena pada waktu tersebut, Malaikat akan mendoakan kebaikan bagi orang yang bersedekah.

Sebagaimana sabda Rasulullah: "Setiap pagi ketika matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat, yang satu berkata: 'Ya Allah, berilah ganti kepada orang yang menginfakkan hartanya,' sedangkan yang lain berkata: 'Ya Allah, binasakanlah orang yang kikir atau bakhil yang tidak mau menginfakkan hartanya.'"

Berikut adalah cara-cara bersedekah subuh yang bisa dilakukan:

BACA JUGA:NASA Sebut Potensi Kiamat Makin Dekat, Ilmuwan Ukraina Putuskan Masuk Islam

1. Memberikan Tunai: Setelah melaksanakan salat Subuh, kita dapat memberikan sedekah tunai kepada yang membutuhkan, baik kepada keluarga, tetangga, atau masyarakat yang membutuhkan.

2. Memberikan Makanan: Kita juga dapat memberikan makanan kepada orang yang membutuhkan, sehingga dapat mengurangi kekurangan makan di hari tersebut.

3. Mengantarkan Bantuan: Selain itu, kita dapat mengantarkan bantuan kepada orang yang membutuhkan, seperti korban bencana atau mereka yang sedang kesulitan.

Setelah melakukan sedekah subuh, kita juga dianjurkan untuk membaca doa, sehingga amalan yang dilakukan menjadi lebih bermanfaat.

BACA JUGA:Hukum Asal Menikah Dalam Islam Adalah Sunnah, Tapi Kalau Sudah Begini Hukumnya Wajib

Doa yang dianjurkan adalah: "Rabbana taqabbal minna innaka antas Sami'ul 'Alim." (Ya Tuhan kami, terimalah amal kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui).

Dengan melakukan sedekah subuh secara rutin, kita dapat meraih berbagai keutamaan, antara lain:

1. Mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah

2. Meningkatkan rezeki dan mendapatkan berkah

3. Perlindungan dari kesulitan dan bencana

BACA JUGA:Hukum Asal Menikah Dalam Islam Adalah Sunnah, Tapi Kalau Sudah Begini Hukumnya Wajib

4. Penghapusan dosa-dosa dan penyucian jiwa

Dengan demikian, mari kita biasakan untuk bersedekah subuh sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Semoga kita semua menjadi orang yang dermawan dan dijauhkan dari sifat bakhil. (and)

Sumber: