Verfak Dukungan Bacalon Gubernur Bengkulu Jalur Perseorangan: 2.659 Pendukung, Hanya Segini Memenuhi Syarat

Verfak Dukungan Bacalon Gubernur Bengkulu Jalur Perseorangan: 2.659 Pendukung, Hanya Segini Memenuhi Syarat

Anggota KPU Bengkulu Selatan, Aspriantoni SE-andri irawan-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Verifikasi faktual atau verfak terhadap 2.659 dukungan bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur BENGKULU jalur perseorangan, Dempo Xler-Ahmad Kanedi di Kabupaten BENGKULU Selatan selesai dilakukan.

Hari ini atau Rabu, 10 Juli 2024, KPU Bengkulu Selatan akan menggelar rapat pleno bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dengan mengundang Bawaslu dan Liaison Officer (LO) atau tim penghubung bacalon dengan agenda penetapan hasil verfak yang dilakukan mulai 21 Juni lalu.

BACA JUGA:Bawaslu Bengkulu Selatan Turun Lapangan, Pastikan Pencoklitan Pilkada 2024 Berjalan

"Ya, tahapan verfak (bacalon gubernur dan wakil gubernur) jalur perseorangan sudah selesai. Dari 2.659, hanya 914 dukungan yang dinyatakan memenuhi syarat atau MS. Sisanya atau 1.745 tidak memenuhi syarat," tegas Anggota KPU Bengkulu Selatan, Aspriantoni SE kepada Raselnews.com.

Dukungan dinyatakan TMS karena beberapa sebab. Diantaranya mereka yang namanya masuk dalam daftar dukungan menyatakan tidak pernah memberikan dukungan kepada bacalon tersebut.

Selain itu, pendukung tidak bisa ditemui. Menurut Aspriantoni, KPU melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) sudah meminta LO untuk menghadirkan pendukung yang tidak dapat ditemui selama proses verfak berlangsung.

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Selatan Bicara Soal Mutasi Jelang Pilkada 2024

Hanya saja, dari waktu yang diberikan, hal itu tidak bisa dilakukan LO sehingga akhirnya dinyatakan TMS.

"KPU sudah memberikan waktu kepada LO. Di mana, pendukung yang tidak bisa ditemui kami minta dihadirkan untuk diverfak. Tapi sampai tanggal 4 Juli, tidak bisa dihadirkan. Jadi kami TMS-kan," jelas Asprian Toni.

Aspriantoni menyebut, total dukungan yang diverfak tersebar di seluruh kecamatan di Bengkulu Selatan. Rinciannya, Kecamatan Kedurang 625 dukungan, Seginim 215.

Selanjutnya, Pino 229, Manna 265, Kota Manna 293, Pino Raya 355, Kedurang Ilir 245, Air Nipis 45, Ulu Manna 82, Bunga Mas 66, dan Kecamatan Pasar Manna 239 dukungan.

BACA JUGA:Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada Dimulai 24 Juni, Hari Ini Bimtek

Pelaksanaan verfak oleh PPS mulai digelar selama 14 hari sejak 21 Juni 2024. Verfak dilakukan secara sensus, bukan sampel.

"Hasil pleno besok (hari ini) akan dilaporkan ke KPU Provinsi. Sesuai tahapan, masih ruang untuk calon memperbaiki yang TMS. Bisa jadi data lama atau adanya pendukung baru. Nah kalau ada perbaikan untuk Bengkulu Selatan, tentu akan kami verfak kembali," pungkas Aspriantoni. (and)

Sumber: