Paru-paru Basah Bisa Disebabkan Bakteri, Virus, dan Jamur, Kenali Gejalanya

Paru-paru Basah Bisa Disebabkan Bakteri, Virus, dan Jamur, Kenali Gejalanya

Gejala paru-paru basah--freepik.com

RASELNEWS.COM - Paru-paru basah atau pneumonia adalah infeksi pada paru-paru yang dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Gejalanya dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya.

Perlu kita ketahui batuk berdahak yang tidak kunjung reda menjadi tanda adanya masalah kesehatan, salah satunya adalah paru-paru basah.

Namun, tidak semua batuk berdahak merupakan tanda paru-paru basah. Kamu perlu memperhatikan beberapa gejala lainnya untuk memastikan kondisi paru-paru basah. Berikut adalah ciri-ciri paru-paru basah yang harus kamu kenali!

BACA JUGA:Para Perokok Harus Tahu, Ini Dia 7 Makanan Pembersih Paru-Paru Secara Alami

BACA JUGA:Polusi Udara Semakin Memburuk, 7 Langkah Ini Bisa Melindungi Paru-paru Anda

Paru-paru basah atau pneumonia merupakan infeksi yang terjadi pada salah satu atau kedua paru-paru. Infeksi ini menyebabkan paru-paru terisi dengan cairan atau nanah, sehingga oksigen yang kamu hirup sulit masuk ke dalam aliran darah.

Paru-paru basah dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur. Bakteri yang umumnya menyebabkan paru-paru basah adalah Streptococcus pneumoniae.


Tanda paru-paru basah--freepik.com

Sementara virus penyebab flu sering menjadi penyebab paru-paru basah akibat infeksi virus. Paru-paru basah yang disebabkan oleh jamur biasanya terjadi pada orang dengan masalah kesehatan kronis atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Setiap penyebab paru-paru basah memiliki gejala yang berbeda. Paru-paru basah akibat infeksi bakteri biasanya lebih sering terjadi dan memiliki gejala yang lebih berat dibandingkan dengan yang disebabkan oleh virus.

BACA JUGA:5 Tanda Paru-paru Dalam Kondisi Bahaya, Segera Konsultasi ke Dokter

BACA JUGA:Setiap Tahun, 50 Ribu Kematian Akibat Paru-Paru Basah, Waspada! Berikut 5 Penyebabnya

1. Ciri Paru-Paru Basah yang Disebabkan oleh Bakteri:

- Demam tinggi lebih dari 40.5°C

- Batuk dengan lendir kuning, hijau, atau mengandung bercak darah

- Kelelahan

- Napas cepat

Sumber: