9 Jenis Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil, Nomor 2 Dianjurkan, Mempermudah Proses Melahirkan

9 Jenis Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil, Nomor 2 Dianjurkan, Mempermudah Proses Melahirkan

Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil--freepik.com

RASELNEWS.COM - Olahraga untuk ibu hamil berikut ini bisa dilakukan di rumah, aman dan tentunya sangat bermanfaat.

Ya, saat hamil, Bunda mungkin merasa khawatir atau tidak nyaman untuk berolahraga, terutama karena perut yang semakin membesar.

Namun, sebenarnya tidak perlu takut, karena olahraga selama kehamilan penting dilakukan dan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Bunda, termasuk membantu memperlancar proses persalinan.


Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil--raselnews.com

Bahkan ada olahraga yang sangat dianjurkan karena bisa mempermudah proses melahirkan. Berikut 9 olahraga yang aman bagi ibu hamil:

1. Jalan Kaki

Berjalan kaki secara rutin sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Olahraga ini bisa dilakukan sejak trimester pertama hingga trimester akhir kehamilan.

BACA JUGA:Berapa Usia Ideal Kesuburan Pria dan Wanita dalam Program Hamil? Simak Kata dr Jefry Tribowo

BACA JUGA:Dokter Jefry Tribowo Ungkap 6 Cara Cepat Hamil untuk Pasangan Suami Istri

Berjalan kaki dapat melatih kekuatan jantung dan pernapasan. Cukup lakukan selama 30 menit setiap hari, terutama di pagi hari saat udara masih segar dan matahari belum terlalu terik.

Pilih rute yang rata dan tidak terlalu menanjak atau menurun, serta pastikan Bunda membawa botol air minum untuk mencegah dehidrasi.


Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil--freepik.com

2. Squat

Bagi Bunda yang sudah memasuki trimester akhir, squat sangat dianjurkan. Posisi jongkok dengan kaki terbuka ke luar ini dapat membantu membuka panggul, memudahkan proses persalinan, dan mempersiapkan Bunda untuk posisi melahirkan.

BACA JUGA:Ibu Hamil Ternyata Dilarang Pakai Legging, Ketahui Potensi Bahayanya

BACA JUGA:Manfaat Nangka bagi Ibu Hamil, Simak Cara Tepat Menyajikannya

3. Berenang

Jika Bunda ingin berolahraga tanpa berkeringat, berenang adalah pilihan yang tepat. Berenang secara rutin dapat mengurangi rasa mual, nyeri pinggang, dan pembengkakan pada pergelangan kaki.

Gaya dada dan punggung merupakan gaya renang yang aman untuk ibu hamil karena tidak memerlukan gerakan memutar tubuh yang bisa berisiko.

4. Olahraga dengan Bola

Olahraga ini cocok untuk Bunda yang sudah memasuki trimester terakhir.

Sumber: