11 Makanan yang Direkomendasikan untuk Kesehatan Kulit

11 Makanan yang Direkomendasikan untuk Kesehatan Kulit

11 Makanan yang Direkomendasikan untuk Kesehatan Kulit--freepik.com

RASELNEWS.COM - Kulit adalah organ terbesar yang menyusun sekitar satu per tujuh dari total berat tubuh, dengan fungsi utama sebagai pelindung, menjaga tubuh dari paparan sinar matahari, suhu ekstrem, kuman, patogen, dan zat beracun.

Banyak orang lebih fokus pada perawatan kulit dari luar, seperti menggunakan pelembap, tabir surya, dan produk perawatan lainnya.

Namun, menjaga pola makan yang sehat dan seimbang juga sangat penting untuk memelihara kesehatan kulit dan menjaga penampilan supaya tetap bisa awet muda.

BACA JUGA:Jerawat Hilang wajah Jadi Awet Muda! Rasakan 7 Manfaat dari Masker Kopi, Ini Cara Menggunakannya

BACA JUGA:Tips Pijat Wajah Sendiri Agar Kulit Wajah Kencang dan Awet Muda

Mengonsumsi makanan bergizi yang mendukung kesehatan kulit secara teratur dapat membantu memperlambat penuaan, mengurangi risiko masalah kulit, serta meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit.

Berikut adalah 11 makanan yang direkomendasikan untuk kesehatan kulit:

1. Strowberry

Strowberry kaya akan vitamin C, anthocyanin, asam fenolik, dan flavonoid yang baik untuk kulit. Vitamin C sangat penting untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan oksidatif dan membantu produksi kolagen, protein utama dalam kulit.

2. Kimchi

Kesehatan usus sangat berhubungan dengan kesehatan kulit. Ketidakseimbangan bakteri di usus (disbiosis) dapat memicu masalah kulit seperti jerawat dan psoriasis.

BACA JUGA:Mau Awet Muda? Hindari 9 Jenis Makanan dan Minuman Ini

BACA JUGA:Cara Menjaga Tubuh Tetap Awet Muda di Usia 30 Tahun

Makanan kaya probiotik dan serat seperti kimchi dapat mendukung kesehatan usus sekaligus meningkatkan kesehatan kulit.

3. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari mengandung banyak protein dan vitamin E, yang merupakan antioksidan penting untuk melindungi kulit dari kerusakan.

4. Hati

Hati merupakan sumber protein yang kaya nutrisi serta menyediakan berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit.

5. Kerang

Kerang mengandung mineral seperti selenium, zinc, dan tembaga yang penting untuk kesehatan kulit, serta protein dan lemak omega-3.

BACA JUGA:4 Keuntungan Facial Treatment, Rahasia Awet Muda dan Menjaga Kecantikan Wajah

BACA JUGA:Hasil Studi, Tidur Sebelum Pukul 22.00 Bisa Membuat Awet Muda dan Terhindar Penyakit Mematikan

6. Brokoli

Sumber: