Harga di Bawah Veloz, Livan Maple 80v Klaim Lebih Mewah dari Toyota Innova, Ganti Baterai Cuma 1 Menit

Harga di Bawah Veloz, Livan Maple 80v Klaim Lebih Mewah dari Toyota Innova, Ganti Baterai Cuma 1 Menit

Livan Maple 80v--tangkapan layar youtube auto mania

RASELNEWS.COM - Siapa yang tidak ingin memiliki mobil canggih dan ramah lingkungan? Di tengah maraknya kendaraan listrik, muncul satu nama yang siap menarik perhatian yakni Livan Maple 80v yang diklaim lebih mewah dari Toyota Innova dan dibanderol lebih murah dari Toyota Veloz

Mobil dengan desain modern ini diprediksi akan menjadi pesaing berat BYD M6. Livan Maple 80v dilengkapi dengan teknologi baterai super cepat. Bayangkan saja, dalam 1 menit kamu bisa mengganti baterai mobil tanpa perlu menunggu berjam-jam di stasiun pengisian.

BACA JUGA:Bersaing Segmen Mobil listrik premium, Volvo EX90 dibanderol Segini

BACA JUGA:Mobil Listrik Asal Cina Masuk Lagi Indonesia, Lebih Mewah dari Innova, Harga Setara Avanza

Mobil MPV listrik yang diproduksi oleh merek baru bernama Alectra akan memanaskan persaingan di segmen mobil listrik.

Mungkin kamu belum terlalu familiar dengan nama Alectra, karena memang ini adalah brand yang sangat baru. Alectra adalah bagian dari grup besar asal Tiongkok, Geely Group. Di negara asalnya, Livan Maple 80v dikenal dengan nama Geely JJ.

Alectra baru mulai masuk ke industri otomotif pada tahun 2023 dan langsung bekerja sama dengan Livan Auto, yang juga masih baru berdiri pada tahun 2022.

Meskipun tergolong baru, dukungan dari grup besar seperti Geely membuat Livan Maple 80v menjadi mobil yang patut diperhitungkan.

Kabarnya, Livan Maple 80v akan hadir di Indonesia di bawah naungan PT Sinar Armada Globalindo.

BACA JUGA:Mobil Terlaris Juli 2024: Toyota Innova Terdepan, BYD Mobil Listrik Paling Diminati

BACA JUGA:Hyundai Kona Electric: Mobil Listrik dengan Jarak Tempuh 600 KM Sekali Ngecas

Yang menarik, MPV listrik ini memiliki teknologi yang memungkinkan baterainya terisi penuh dalam waktu singkat, tanpa harus menunggu lama seperti mobil listrik lainnya yang harus diisi daya di SPKLU atau menggunakan wall charger di rumah.

Di Tiongkok, Livan Maple 80v menggunakan teknologi swap baterai, di mana pengguna cukup mengganti baterai di stasiun swap, mirip seperti mengganti baterai pada remote TV.

Teknologi swap baterai ini sebenarnya sudah digunakan oleh Geely sejak tahun 2020. Hingga tahun 2025, Geely menargetkan membangun 5.000 stasiun swap baterai di seluruh Tiongkok.

Setiap stasiun dapat menampung hingga 39 baterai, yang masing-masing bisa terisi penuh dalam waktu 2 jam. Proses penggantian baterai di stasiun swap ini sangat cepat, hanya membutuhkan waktu 1 menit, jauh lebih cepat daripada fast charging yang umumnya memakan waktu 30 menit untuk mengisi daya hingga 80%.

BACA JUGA:Raih Predikat Mobil Listrik Terlaris di Indonesia, Begini Spesifikasi dan Harga Chery Omoda 5 EV

BACA JUGA:Raih Predikat Mobil Listrik Terlaris di Indonesia, Begini Spesifikasi dan Harga Chery Omoda 5 EV

Bukan hanya cepat, teknologi ini juga praktis, karena proses penggantian dilakukan secara otomatis oleh robot, sehingga pengguna tidak perlu keluar dari mobil.

Pengguna Livan Maple 80v bisa menggunakan aplikasi khusus untuk mengecek lokasi stasiun swap terdekat, melihat jumlah baterai yang tersedia, dan membayar langsung melalui aplikasi tersebut.

Dari segi performa, Livan Maple 80v tidak kalah dari para pesaingnya. Mobil ini sudah tersedia di Tiongkok sejak tahun 2021 dengan harga berkisar antara Rp350 juta hingga Rp386 juta.

Livan Maple 80v dilengkapi motor listrik tunggal di bagian depan yang menghasilkan tenaga sebesar 100 kW (136 PS) dan torsi 230 Nm. Mobil ini juga hadir dengan dua pilihan baterai LFP, yakni 50,4 kWh dan 68,08 kWh, yang masing-masing dapat menempuh jarak hingga 407 km dan 515 km.

Sumber: