Momen Euforia Shopee 12.12 Birthday Sale: Brand Lokal dan UMKM Sukses Tingkatkan Penjualan Hingga 7 Kali Lipat

Momen Euforia Shopee 12.12 Birthday Sale: Brand Lokal dan UMKM Sukses Tingkatkan Penjualan Hingga 7 Kali Lipat

Birthday Sale 2024-istimewa-raselnews.com

JAKARTA, RASELNEWS.COM - Shopee mengakhiri rangkaian kampanye akhir tahunnya dengan sukses melalui 12.12 Birthday Sale 2024, yang berlangsung dari 15 November hingga 12 Desember.

Kampanye ini memberikan dampak positif yang signifikan, terutama dalam mendorong pertumbuhan penjualan brand lokal dan UMKM.

Pada puncak acara, penjualan produk dari brand lokal dan UMKM meningkat hingga 7 kali lipat dibandingkan hari biasa, menunjukkan tingginya antusiasme pengguna terhadap produk-produk dalam negeri.

BACA JUGA:Antusiasme Konsumen Tinggi, Shopee 11.11 Big Sale Dorong Produk Lokal Jadi Favorit

Monica Vionna, Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, menyebut bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan para pengguna, dedikasi penjual, dan kolaborasi dengan konten kreator.

“Hasil kolaborasi dari seluruh ekosistem Shopee membuat perjalanan kampanye akhir tahun 12.12 Birthday Sale menjadi sangat mengesankan dan tak terlupakan dalam menutup tahun 2024,” ujarnya.

Tren Belanja Akhir Tahun di Puncak Kampanye 12.12

BACA JUGA:Cara Isi Ulang Saldo Shopeepay Lewat BRImo Terbaru 2024, Mudah dan Tanpa Gagal!

Pada puncak kampanye 12.12, para pengguna memanfaatkan berbagai promo menarik hingga keseruan berbelanja secara interaktif melalui fitur Shopee, khususnya untuk berbelanja produk dari brand lokal dan UMKM. Hal ini berkontribusi pada lonjakan pesanan yang signifikan, dengan beberapa kategori produk yang menjadi favorit:

1.    Atasan dan Tas Wanita turut menjadi kategori brand lokal dan UMKM terfavorit pengguna dengan peningkatan pesanan hingga 7 kali lipat. Cardigan, Kemeja, dan Tas Selempang berhasil menjadi produk brand lokal dan UMKM pilihan pengguna sebagai salah satu opsi outfit akhir tahun.

BACA JUGA:Shopee Buka Lowongan Kerja untuk SMA/SMK, Lulusan Baru Diutamakan, Cek Posisi di SIni

2.    Permintaan akan produk lokal di kategori Kosmetik Wajah serta Parfum & Wewangian juga ikut meningkat hingga 11 kali lipat. Para pengguna mulai mempersiapkan diri menyambut perayaan akhir tahun, Bedak Wajah, Lipstik, dan Eau de Parfum menjadi produk lokal favorit yang paling banyak dibeli.

3.    Masyarakat juga memanfaatkan momen ini untuk memenuhi kebutuhan di rumah, terlihat dari kategori Kebersihan & Binatu meningkat hingga 18 kali lipat. Pada puncak kampanye, pengguna memanfaatkan promo untuk membeli produk Sabun Cuci Piring, Pewangi Pakaian, dan Detergen yang menjadi produk lokal yang populer di kategori ini.

BACA JUGA:Asyiiikkk! Belanja COD di Shopee Bisa Cek Dulu Baru Bayar, Berikut Caranya

Peran Fitur Interaktif dalam Pengalaman Belanja

Shopee mencatat bahwa tren gaya belanja interaktif terus meningkat. Untuk mengakomodasi kebutuhan ini, Shopee senantiasa mengembangkan berbagai program dan fitur yang dirancang untuk menciptakan ekosistem yang dinamis.

Tidak hanya memfasilitasi transaksi, program serta fitur yang dihadirkan juga berfokus untuk membangun hubungan yang lebih erat antara pengguna, penjual, dan konten kreator.

Shopee Live, sebagai salah satu fitur unggulan, mencatatkan peningkatan transaksi lebih dari 9 kali lipat untuk brand lokal dan UMKM.

BACA JUGA:Angsuran Pinjaman Shopee Pinjam 2023 Plafon Rp 10.000.000 Syarat KTP, Pas untuk Tambahan Modal

Pengguna menikmati pengalaman belanja sambil berinteraksi langsung dengan penjual, menjadikan live streaming daya tarik utama.

Selain itu, kemeriahan festival belanja akhir tahun yang sekaligus menjadi momen selebrasi ulang tahun Shopee ke-9 ini turut dirasakan oleh para konten kreator.

Jumlah klik pada link rekomendasi produk dari Shopee Affiliate meningkat 5 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan tahun lalu, menunjukkan pengguna semakin tertarik pada rekomendasi kreator.

BACA JUGA:Beli Sekarang Bayar Nanti! Ini Bahaya Belanja dengan Paylater

Kemeriahan 12.12 Birthday Sale juga menjadi selebrasi ulang tahun Shopee ke-9 yang memperkuat sinergi ekosistemnya. Shopee berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan kolektif brand lokal, UMKM, dan masyarakat Indonesia.

“Kami berharap Shopee dapat terus menjadi kawan setia bagi brand lokal, pengusaha UMKM, dan masyarakat Indonesia secara luas, untuk membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan, meraih peluang, hingga mencapai pertumbuhan kolektif yang berkelanjutan,” tutup Monica. (**)

Sumber: