Kunjungi Kemendes-PDTT, Bupati Gusnan Bahas UPT dan Food Estate

Kunjungi Kemendes-PDTT,  Bupati Gusnan Bahas UPT dan Food Estate

AUDIENSI: Bupati BS Gusnan Mulyadi melakukan audensi ke Kemendes-PDTT terkait pengembangan UPT Batu Ampar sekaligus koordinasi rencana pengembangan kawasan food estate di BS-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Dalam rencana pembangunan Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Desa Batu Ampar Kecamatan Kedurang, Bupati Bengkulu Selatan (BS) Gusnan Mulyadi mengunjungi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) RI di Jakarta.

Dalam kunjungan, Bupati juga membahas rencana besar Pemkab BS dalam pengembangan kawasan food estate di Bumi Sekundang Setungguan.

Bupati mengatakan kunjungan tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab BS dalam koordinasi dan sinergi serta kolaborasi pembangunan dan pengembangan UPT Batu Ampar dan rencana pengembangan kawasan food estate. Upaya tersebut demi mewujudkan mimpi besar BS sebagai lumbung pangan terbesar di Provinsi Bengkulu atau bahkan secara nasional.

BACA JUGA:Gusnan Mulyadi Ancam Pejabat yang Tak Mendukung Program Pemda

"Dalam pembangunan UPT program transmigrasi, Pemkab BS menginginkan kolaborasi program ini bersamaan dengan program food estate. Dengan tujuan untuk pengembangan kawasan sentra produksi pangan melalui keterpaduan hulu-hilir berbasis pertanian presisi, korporasi petani, dan konservasi ekosistem untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat. Tentunya dengan usaha pertanian skala besar berbasis klaster, multi komoditas, modernisasi pertanian dan sistem digitalisasi serta pembentukan korporasi petani," jelas Gusnan.

Hal inilah yang melatarbelakangi Gusnan berpikir untuk membicarakan bersama program transmigrasi dengan konsep program food estate. Sebab program ini dinilai masih dalam satu rumpun pertanian secara besar yang terdiri dari tanaman pangan, holtikultura, peternakan, perikanan dan industri. Bila rencana ini terwujud, maka akan meningkatkan pendapatan, penghasilan dan ekonomi warga transmigrasi dan warga sekitar UPT Batu Ampar Kedurang.

BACA JUGA:Tiga Sektor Ini Tetap Prioritas Gusnan Mulyadi

"Alhamdulillah pihak Kemendes PDTT RI melalui Dirjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi Ir. Rajumber Prihatin, M.Si dan Sekretaris Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Dr. Sigit Mustofa Nurudin, ST, MM menyambut baik apa yang kami sampaikan. Pihak Kemendes PDTT sangat mendukung program kolaborasi ini dalam pengembangan kawasan berbasis food estate terutama dalam pemanfaatan lahan usaha transmigrasi di bidang pertanian, perternakan dan perikanan," tandasnya. (one)

 

Sumber: wakil bupati bengkulu selatan