Cegas Stunting, Calon Pengantin Wajib Isi Aplikasi Elsimil

Cegas Stunting, Calon Pengantin Wajib Isi Aplikasi Elsimil

Ilustrasi Stunting-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Calon pengantin (catin) di Kabupaten Bengkulu Selatan wajib mengisi kolom isian yang terdapat pada Aplikasi Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil).

Upaya ini dilakukan pihak BKKBN untuk mendeteksi lebih awal terhadap potensi bayi yang akan dilahirkan dengan melihat kodisi calon pasangan pengantin agar tidak terjadi kasus stunting.

Di Bengkulu Selatan aplikasi ini sudah dioptimalkan sejak beberapa bulan terakhir. Bahkan menjadi salah satu persyaratan bagi setiap pasangan calon pengantin sebelum mengurus persyaratan pernikahan ke KUA.

Sistem kerja aplikasi Elsimil adalah dengan pencatatan seluruh informasi yang diperoleh dari seluruh pemeriksaan kesehatan yang dilakukan ibu dan calon ibu sebelum hamil.

BACA JUGA:Cegah Stunting, Status Gizi Balita Didata

“Untuk setiap calon pengantin diwajibkan mengisi aplikasi Elsimil, sebelum ke Puskesmas dan KUA. Aplikasi ini bertujuan untuk mendeteksi dini jangan sampai terjadi stunting,” kata Kabid Pengendalian Penduduk DPPKB-P3A BS, Dusiriah SKM MSi.

Dikatakan Dusi, di setiap desa juga sudah dibentuk Tim Pendamping Keluarga (TPK) meliputi Ketua TP PKK Desa, tenaga penyuluh atau Kader KB desa, dan tenaga kesehatan desa.

Mereka ini bertugas melakukan pendampingan bagi setiap catin dan pasangan yang baru menikah, guna memberikan penyuluhan dan bimbingan agar nantinya pasangan pengantin baru tidak melahirkan akan stunting.

“Masing-masing TPK di desa ini bertugas melakukan pendampingan, termasuk pendampingan dalam pengisian aplikasi Elsimil,” terang Dusiriah. (one)

Sumber: kabid pengendalian penduduk dppkb-p3a bs