Ratusan Pelaku UMKM di Bengkulu Selatan Terima Bantuan Sembako Tahap 2

Ratusan Pelaku UMKM di Bengkulu Selatan Terima Bantuan Sembako Tahap 2

Pelaku UMKM di Bengkulu Selatan menerima bantuan sembako dampak kenaikan BBM tahap II-rezan okto wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Ratusan Pelaku UMKM di Kabupaten Bengkulu Selatan Terima Bantuan Sembako Tahap 2, Rabu (14/12/2022).

Bantuan yang dimaksud berupa sembilan bahan pokok (Sembako) yang diberikan Pemda Bengkulu Selatan kepada pelaku UMKM yang terdampak inflasi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

BACA JUGA:Dukung Kemajuan Ekonomi, BAZNAS Bengkulu Selatan Bantu Pelaku UMKM

“Bantuan tahap kedua sudah selesai disalurkan. Penerimanya adalah UMKM yang sebelumnya sudah menerima bantuan pada tahap pertama dengan jumlah sebanyak 500 pelaku UMKM,” Kepala Dinas Perindagkop-UM Bengkulu Selatan, Binagransyah SP, MM melalui Kabid UMKM Depi Kartika, SE.

Dijelaskan Depi, penyaluran bantuan kepada ratusan pelaku UMKM di Bengkulu Selatan tahap pertama sudah selesai.

BACA JUGA:Pemerintah Siapkan Pinjaman KUR Tanpa Angunan untuk UMKM Hingga Rp100 Juta, Cek di Sini

Sebanyak 500 UMKM di 11 kecamatan menerima bantuan sembako dengan nilai setiap paket Rp300 ribu.

Dalam proses penyaluran bantuan tersebut, Dinas Perindagkop-UM menggandeng Kios Sekundang sebagai mitra yang menyediakan stok sembako untuk disalurkan ke pelaku UMKM.

“Anggaran bantuan untuk pelaku UMKM ini bersumber dari APBD Bengkulu Selatan, tujuannya untuk mencegah inflasi daerah dan membantu pelaku UMKM di tengah naiknya harga kebutuhan pokok,” jelas Depi.

BACA JUGA:Target 1000 UMKM Terbentuk di Bengkulu Selatan

Untuk penyaluran sendiri, Depi mengaku pihaknya langsung memberikan bantuan sembako ke setiap kecamatan.

Para pelaku UMKM Bengkulu Selatan langsung diundang untuk menerima bantuan tersebut. Pelaku UMKM yang diberi bantuan adalah yang sesuai kriteria, seperti usaha yang dijalankan benar-benar aktif, dan jenis usahanya belum terlalu besar.

“Dengan diberikan bantuan ini diharapkan para pelaku UMKM di Bengkulu Selatan bisa bertahan menjalankan usaha,” beber Depi.

BACA JUGA:Produk UMKM Lokal Harus Mampu Bersaing

Sementara untuk keberlanjutan penyaluran bantuan di tahun depan, Depi mengaku pihaknya masih menunggu petunjuk dari Pimpinan Daerah BS.

Jika nanti ada instruksi pembagian dan anggarannya tersedia, maka bantuan tersebut akan disalurkan. “Belum tahu kalau tahun depan, karena fokus dulu yang kali ini,” demikian Depi. (rzn)

Sumber: