Polres Bengkulu Selatan Siapkan Operasi Pengamanan Nataru

 Polres Bengkulu Selatan Siapkan Operasi Pengamanan Nataru

Polres Bengkulu Selatan melaksanakan pra rakor operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru bersama unsur terkait, Jumat (16/12/2022)-Sugio Aza Putra-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Polres Bengkulu Selatan mulai melakukan persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru (nataru).

Jumat (16/12/2022) dilaksanakan pra rapat koordinasi (rakor) pengamanan nataru yang dihadiri unsur Forkopimda dan OPD jajaran Pemda Bengkulu Selatan.

“Tadi (Jumat, 16/12/2022) dilaksanakan pra rakor pengamanan Natal dan Tahun Baru sekaligus vicon secara nasional. Rakor pengamanan nataru akan dilaksanakan hari Senin (29/12) ini,” kata Kasi Humas Polres Bengkulu Selatan, AKP Sarmadi.

BACA JUGA:Polres Bengkulu Selatan Lidik Kasus Hilangnya Insentif Penanganan Pasien Covid-19 di Bengkulu Selatan

Pengamanan Nataru yang dikemas dalam Operasi Lilin Nala 2022 rencananya akan dimulai tanggal 22 Desember 2022 ini sampai 1 Januari 2023.

Polres BS akan mendirikan pos di beberapa titik. Di antaranya di depan gedung DPRD, pantai Pasar Bawah dan perbatasan.

“TR resmi Operasi Lilin belum keluar, tapi rencananya akan dimulai tanggal 22 (Desember) ini, tapi itu belum pasti, bisa saja ada perubahan. Tapi kami di Polres Bengkulu Selatan sudah melakukan persiapan untuk memantapkan persiapan Operasi Lilin,” kata Sarmadi.

BACA JUGA: Amankan Nataru, Polres Kaur Siagakan Dua Pos

Dalam Operasi Lilin nantinya Polres BS akan mengerahkan ratusan anggota dibantu dari TNI, LLAJ, Satpol PP, Basarnas, BPBD, Dinas Kesehatan dan unsur terkait lainnya. Pengamanan nataru akan dilakukan maksimal untuk memastikan natal dan liburan akhir tahun aman dan kondusif.

Meningkat
Sementara itu, pasca insiden bom bunuh diri di Bandung beberapa waktu lalu, Polri akan meningkatkan pengamanan selama perayaan Nataru.

Wakapolda Bengkulu Brigjen Polisi Umar Dani mengaku akan mendirikan pos pengamanan terpadu yang melibatkan seluruh stakeholder.

BACA JUGA:Operasi Pekat Nala 2022: Polres Bengkulu Selatan Amankan Ribuan Pil Samsodin dan Mobil Agya

"Ada pos yang bersifat terpadu yang kita kendalikan bersama-sama. Baik pengamanan maupun pelayanan kepada masyarakat," ungkap Wakapolda.

Secara teknis pengamanan akan dirapatkan bersama dengan instansi terkait Senin (19/12/2022), pekan depan.

Nantinya pengamanan akan dipusatkan di tempat-tempat ibadah seperti gereja dan objek wisata yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat.

BACA JUGA:Polres Bengkulu Selatan Sita Puluhan Botol Miras dari Rumah dan Warung

Umar Dani mengatakan pengamanan tidak hanya dikhususkan bagi umat Kristiani yang merayakan Natal saja. Namun juga seluruh umat beragama.

"Di malam pergantian tahun pastinya masyarakat akan merayakan. Pengamanan ini untuk semua masyarakat," tegas Wakapolda. 

Terpisah, Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengatakan akan ada rapat lintas sektoral dalam rangka menciptakan kondisi aman dan nyaman.

BACA JUGA:Mama Muda Ditangkap Polres Bengkulu Selatan, Ketika Digeledah? Alamak....

“Pemda akan menyiapkan segala sesuatunya dalam rangka menghadapi Nataru. Nanti akan ada pos terpadu," demikian Sekda. (yoh/cia)

Sumber: