15 Objek Wisata Ini Bisa Jadi Pilihan Saat Libur Nataru di Bengkulu Selatan, 2 Masuk Nominasi 5 Besar API

15 Objek Wisata Ini Bisa Jadi Pilihan Saat Libur Nataru di Bengkulu Selatan, 2 Masuk Nominasi 5 Besar API

Sepit Kancing Batu Balai Sukarami Kecamatan Seginim, menjadi salah satu tempat objek wisata di Bengkulu Selatan-istimewa/FB Pedi Herwanto-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Libur Natal dan tahun baru (nataru) serta liburan sekolah, ada 15 objek wisata menjadi pilihan saat libur Nataru di Kabupaten Bengkulu Selatan yang bisa direkomendasikan layak untuk dikunjungi.

Nah, dari sekian objek wisata di Bengkulu Selatan, satu diantaranya masuk dalam nominasi 5 besar Anugerah Pesona Indonesia (API) awards tahun 2022 oleh Kementerian Pariwisata RI.

BACA JUGA:Bangunan Wisata Alam Sekunyit Bengkulu Selatan “Dilahap” Laut

Berdasarkan daftar Dinas Pariwisata (Dispar) Bengkulu Selatan, ada 15 objek wisata bisa jadi pilihan saat libur Nataru di Bengkulu Selatan, yang bisa dikunjungi masyarakat untuk berliburan.

Kepala Dinas Parawisata (Dispar) BS, Rendra Febrianto S.S.MSi melalui Kasi Pemberdayaan Masyarakat Parawisata Arief Stiawan SH menjelaskan objek wisata yang bisa dikunjungi tersebut termasuk saat ini sudah dikelola kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

BACA JUGA:Libur Natal dan Tahun, Ini Daftar Objek Wisata di Kaur yang Menarik Dikunjungi

"Ya, ada 15 tempat objek wisata yang bisa jadi pilihan saat libur Nataru di Bengkulu Selatan," terang Arif.

15 tempat objek wisata yang layak dikunjungi tersebut yakni objek wisata Air Terjun Simpur Desa Kayu Ajaran Kecamatan Ulu Manna.

Kemudian, Pantai Pasir Putih Desa Tumbuk Tebing Kecamatan Bunga Mas, Bendungan Selpa Desa Babatan Kecamatan Seginim, Danau Kuranding Kecamatan Seginim, Meriam Honisuit di bundaran Kantor Bupati Bengkulu Selatan, Taman Rekreasi Tebat Rukis Kota Manna.

BACA JUGA:Pengelolaan Objek Wisata Bengkulu Selatan Saat Nataru Ditunjuk Langsung, Ini Alasan Dinas Pariwisata

Ada juga Sepit Kancing Batu Balai Sukarami Kecamatan Seginim, Taman rekreasi Pantai Pasar Bawah, taman ORI Belakang Gedung Pasar Manna, Air Terjun Geluguran Desa Air Tenam Kecamatan Ulu Manna.

Lalu, Coconut Beach Desa Terulung Kecamatan Pasar Manna, Arung Jeram Air Tenam Kecamatan Ulu Manna, Wisata Alam Sekunyit (WAS) Kota Manna, Taman Wisata Lubuk Langkap dan Water Park (kolam renang) di jalan BLK Kota Manna.

BACA JUGA:Hadapi Lomba Desa Wisata, Seluruh Desa Diminta Siapkan Wisata Unggulan

"Untuk objek wisata yang di rekomendasi ini jarak tempuh sangat terjangkau dan aksesnya cukup baik untuk dikunjungi," terang Arif.

Ditambahkan Arif, salah satu contoh objek wisata Sepit Kancing mempunyai genangan air seperti kolam yang sangat jernih yang terjebak dalam sebuah celah di tengah hutan.

Kelihatan begitu berwarna hijau kebiruan dan sangat indah. Bahkan, aliran air yang tidak begitu dalam dan tenang memberikan nuansa alam yang aman bagi para wisatawan untuk berenang.

BACA JUGA:Objek Wisata Bisa Ciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

"Suasana alam sekitar objek wisata membuat nyaman dan menyenangkan bagi wisatawan," beber Arif.

Diakui Arif, beberapa objek wisata ini masih terasa sekali nuansa aslinya, terlebih tempat-tempat tersebut selama ini belum di kelola secara maksimal.

"Meskipun belum dikelola mskimal tetapi sangat cocok bagi pengunjung untuk mengisi liburan akhir tahun, menikmati indahnya panorama alam dan sejuknya suasana udara yang ada. Tempat ini menjadi kawasan wisata yang cocok khususnya untuk keluarga," demikian Arif.

BACA JUGA:Wisata Arung Jeram Bengkulu Selatan Masuk Nominasi 5 Besar API


Nominasi Api

Diketahui, dari 15 objek wisata yang bisa menjadi pilihan saat libur Nataru di Bengkulu Selatan, ada dua objek wisata di Kabupaten Bengkulu Selatan masuk 5 besar nominasi Pengumuman nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) awards tahun 2022.

BACA JUGA:Usulkan Penghapusan Sejumlah Aset di Lokasi Wisata Pasar Bawah

Dua destinasi wisata Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) ikut dalam ajang itu adalah Meriam Honisuit kategori bidang pariwisata budaya, dan bidang pariwisara arung jeram Desa Kayu Ajaran Kecamatan Ulu Manna. (one)

 

Sumber: