Penerima Asuransi Nelayan di Bengkulu Selatan Berkurang

Penerima Asuransi Nelayan di Bengkulu Selatan Berkurang

PASANG : Nelayan Pasar Bawah memasang jaring pinggir lantaran belum bisa mencari ikan di tengah-Rezan Oktawesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Nelayan penerima bantuan iuran atau premi kartu asuransi di Kabupaten BENGKULU SELATAN tahun ini berkurang dibandingkan tahun 2022 lalu.

Tahun 2023 total nelayan yang menerima asuransi 425 orang atau berkurang 69 orang dari penerima tahun 2022 lalu yang berjumlah 494 orang.

BACA JUGA:Meninggal Dunia Saat Melaut, Nelayan Seluma Dibantu Rp 42 Juta

Kepala Dinas Perikanan Bengkulu Selatan, Santono MPd menyebut berkurangnya jumlah penerima bantuan premi kartu asuransi tersebut dikarenakan beberapa faktor.

Diantaranya karena ada yang meninggal dunia. Selain itu juga dikarenakan ada beberapa nelayan yang tidak memenuhi syarat sebagai peserta asuransi nelayan berdasarkan hasil verifikasi BPJS Ketenagakerjaan.

BACA JUGA:Keluhan Nelayan Pasar Bawah Segera Diatasi, Muara Air Manna Dinormalisasi

Program asuransi nelayan ini berkerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Melalui program asuransi tersebut, nelayan yang mengalami kecelakaan kerja yang berakibat kecacatan atau meninggal dunia akan mendapat bantuan biaya berobat dan santunan sampai dengan Rp 200 juta.

BACA JUGA:300 Nelayan Seluma Belum Tercover BPJS Kesehatan

Dicontohkan Santono, tahun lalu BPJS Ketenagakerjaan telah menyerahkan santunan kepada tiga nelayan Bengkulu Selatan yang menjadi peserta asuransi. (**)

Sumber: