Dugaan Pungli BPNT 2023 oleh BRILink di Bengkulu Selatan Digeber Penyidik

Dugaan Pungli BPNT 2023 oleh BRILink di Bengkulu Selatan Digeber Penyidik

Ilustrasi pungli-istimewa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM  - Tim Saber Pungutan Liar (Pungli) BENGKULU SELATAN akan menggeber pengusutan pungutan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Pekan depan Tim Saber akan memanggil beberapa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT dan juga agen BRILink untuk mengkonfirmasi penarikan biaya penyaluran BPNT.

BACA JUGA:10 Penyebab Bantuan PKH dan BPNT 2023 Tidak Cair, Cek Sekarang dan Segera Perbaiki

“Saya sudah koordinasi dengan penyidik Reskrim selaku perpanjangan Tim Saber, pekan depan akan memanggil beberapa KPM dan juga agen BRILink untuk meminta klarifikasi terkait pungutan yang ditarik dalam penyaluran BPNT,” kata Ketua Tim Saber Pungli BS, Kompol Rahmat Hadi Fitrianto, SH, SIK.

BACA JUGA:Nih Wujud Sembako Bansos BPNT 2023 di Bengkulu Selatan, Versi KPM Harganya Cuma Segini

Dikatakan Rahmat, pihaknya memanggil KPM untuk memastikan apakah memang ada biaya dalam proses penyaluran BPNT. Tim Saber juga ingin memastikan berapa biaya yang dibayar KPM untuk mengambil BPNT di agen BRILink.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Korwil PKH Bengkulu Temukan Dugaan Penyimpangan Bansos BPNT 2023 di Bengkulu Selatan

“Kami ingin klarifikasi KPM soal biaya yang ditarik agen BRILink dalam penyaluran BPNT. Kami ingin pastikan jumlahnya berapa dan pungutan itu seperti apa. Nanti akan dipanggil beberapa sampel KPM,” ujar Rahmat.

Sementara dari pihak agen BRILink, Tim Saber Pungli ingin meminta penjelasan terkait pungutan biaya penyaluran BPNT. Apakah memang ada dasar aturan pihak BRILink menarik biaya dalam proses penyaluran BPNT.

BACA JUGA:KPM Duduk Manis Lagi Nih! Bansos Pangan 2023 Langsung Diantar ke Rumah Penerima PKH dan BPNT

“Dasar aturan pungutan BPNT itu apa? Apakah memang ada aturannya atau ada instruksi dari pihak tertentu. Kami ingin klarifikasi agen BRILink terkait hal itu,” tegas Rahmat.

Setelah memanggil KPM dan BRILink, Tim Saber Pungli akan memanggil pihak lain yang terkait, diantaranya BRI Cabang Manna selaku koordinator agen BRILink penyaluran BPNT, dan juga Dinas Sosial selaku perpanjangan Kementerian Sosial yang menangungi program BPNT.

BACA JUGA:Dewan Minta Dugaan Pungli BPNT 2023 di Bengkulu Selatan Diusut

Untuk diketahui, pungutan penyaluran BPNT ini terungkap ke publik karena adanya agen BRILink yang menarik biaya Rp5 ribu sampai Rp10 ribu per KPM dalam sekali penyaluran BPNT. (yoh)

Sumber: