Harga Cabai di Seluma Mulai 'Ramah', Waspadai Idul Fitri

Harga Cabai di Seluma Mulai 'Ramah', Waspadai Idul Fitri

Pedagang Cabai Merah di Bengkulu Selatan-Rezan Okta Wesa-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Harga cabai di Kabupaten SELUMA saat ini mulai ramah di kantong alias cukup terjangkau.

Jika sebelumnya dijual Rp100 ribu/kilogram, saat ini harga cabai sudah kembali ramah atau hanya Rp15 ribu/kilogram.

Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Seluma Gun Ibrori mengatakan penurunan harga cabai baru terjadi dalam sepekan terakhir.

BACA JUGA:Wuihhh....9 Poktan di Kaur Dapat Dana Rp3,6 Miliar

“Baru beberapa hari ini harga cabai merah keriting murah. Bahkan jika dibandingkan dengan daerah lain, di Seluma paling murah," ungkap Gun.

Penurunan harga cabai ini akibat jumlah panen cabai merah yang mengalami peningkatan di beberapa daerah. Namun bisa saja menjelang Idul Fitri mendatang harga cabai akan kembali naik.

“Penyebab penurunan harga karena banyak petani yang sedang panen. Kami sudah memantau di Kelurahan Rimbo Kedui. Ada petani yang memilih untuk menunda panen mereka karena harga anjlok sekali," beber Gun.

BACA JUGA:Antrean BBM di SPBU Bengkulu Selatan Kembali Mengular

Apabila harga cabai di bawah Rp 20 ribu per kilogram, petani terkadang lebih memilih untuk tidak melakukan panen karena menilai biaya operasional yang tidak sepadan.

"Kami berharap dengan meningkatnya permintaan dan konsumsi masyarakat menjelang Idul Fitri, harga cabai kembali stabil," tegasnya.

BACA JUGA:Zakat Fitrah di Bengkulu Selatan: Beras 10 Canting, Uang Diberi 3 Pilihan

Sementara itu, salah seorang petani cabai Kelurahan Rimbo Kedui Kecamatan Seluma Selatan, Efendi mengaku harga cabai di Seluma yang terus turun membuat petani mengalami kerugian.

"Kami jelas rugi karena ongkos produksi lebih mahal dari harga jual,” tuturnya. (rwf)

Sumber: