WASPADA! Gunung Dempo di Pagaralam Sumsel Semburkan Uap Panas, Warga dan Pendaki Dilarang Mendekat

WASPADA! Gunung Dempo di Pagaralam Sumsel Semburkan Uap Panas, Warga dan Pendaki Dilarang Mendekat

Gunung Dempo di Pagaralam Sumsel Semburkan Uap Panas Selasa (25/7/2023) malam-istimewa-raselnews.com

SUMSEL, RASELNEWS.COMGunung Dempo di Kota Pagaralam, Sumatra Selatan (SUMSEL), Selasa (25/7/2023) malam mengalami erupsi atau mengeluarkan uap panas.

Gunung Dempo yang berada di posisi geografis di Latitude -4.03°LU, Longitude 103.13°BT, dan memiliki ketinggian 3173 mdpl itu mengalami erupsi sekitar pukul 21.15 WIB.

BACA JUGA:Jadwal Pelantikan Kepala Desa Terpilih, Joni Afriza: Jangan Sampai Ada Penundaan

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Dempo, Megian Nugraha dalam keterangan resminya menjelaskan, erupsi dengan tinggi kolom letusan teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5173 m di atas permukaan laut).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga mendeteksi kolom letusan teramati kurang lebih 2 kilometer (km) di atas puncak.

"Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah selatan dan barat daya," lapor Megian Nugraha.

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Dana BOK 2022 di Kaur, Giliran 13 Puskesmas Bakal Diperiksa Kejari

Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 204 detik.

Erupsi cukup berbahaya. Sebab itulah Megian mengimbau masyarakat dan wisatawan tidak mendekati Gunung Dempo dengan radius 1 Km.

"Jangan dulu berkemah di pusat aktivitas kawah Marapi-Gunung Dempo dalam radius 1 km, serta arah bukaan kawah sejauh 2 km ke sektor utara," imbaunya. 

BACA JUGA:Nelayan Peburu Benur di Kaur Merana, Harga Jual Benur Turun Drastis hingga 70 Persen

Sementara itu Gunung Dempo terakhir mengalami gejala erupsi pada tahun 2009. Kala itu, Gunung yang menjadi pusat wisatawan itu hanya mengeluarkan kepulan asap putih yang membumbung tinggi ke angkasa.

Namun saat itu, sempat terjadi letusan atau hembusan meski dalam waktu singkat tersebut letusan berangsur mengecil atau turun. (red)

Sumber: