Hukum Membaca Alquran di Kuburan, Ustadz Abdul Somad: Menurut Imam Syafi’i Dianjurkan, Nih Dalilnya

Hukum Membaca Alquran di Kuburan, Ustadz Abdul Somad: Menurut Imam Syafi’i Dianjurkan, Nih Dalilnya

hukum membaca Alquran di kuburan menurut Ustadz Abdul Somad-istimewa-raselnews.com

BACA JUGA:Muslim Wajib Tahu! Ini Doa dan Adab Masuk Kamar Mandi

Imam Ahmad bin Hanbal menjawab, “Tsiqah (terpercaya).

Muhammad bin Qudamah bertanya, “Apakah engkau ada menulis riwayat darinya?”. Imam Ahmad menjawab, “Ya”.

Muhammad bin Qudamah berkata, “Mubasysyir telah memberitakan kepadaku dari Abdullah bin al-‘Ala’ al-Lajlaj, dari Bapaknya, sesungguhnya ia berpesan, apabila ia dikuburkan, agar dibacakan di sisi kepalanya awal surat al-Baqarah dan penutupnya. Ia berkata, ‘Aku telah mendengar Abdullah bin Umar berpesan seperti itu’.

Imam Ahmad berkata, “Kembalilah, katakanlah kepada laki-laki itu agar terus membaca”.

وقال الحسن بن الصباح الزععراني سألت الشافعي عن القراءة عند القبر فقال لا بأس بها

Al-Hasan bin ash-Shabah az-Za’farani berkata, “Saya bertanya kepada Imam Syafi’i tentang membaca al-Qur’an di sisi kubur”. Imam Syafi’i menjawab, “Boleh”.

BACA JUGA:Bacaan dan Keutamaan Doa Setelah Wudhu, 8 Pintu Surga Dibuka

وذكر الخلال عن الشعبي قال كانت الأنصار إذا مات لهم الميت اختلعوا إلى قبره يقرءون عنده القرآن

Al-Khallal menyebutkan riwayat dari asy-Sya’bi, ia berkata, “Orang-orang Anshar itu, apabila ada yang meninggal dunia diantara mereka, maka mereka datang ke kuburnya, mereka membacakan al-Qur’an di sisi kuburnya”.

قال وأخبرني أبو يحيى الناقد قال سمعت الحسن بن الجروى يقول مررت على قبر أخت لي فقرأت عندها تبارك لما يذكر فيها فجاءني رجل فقال إنى رأيت أختك في المنام تقول جزى الله أبا على خيرا فقد انتععت بما قرأ

Al-Khallal berkata, “Abu Yahya an-Naqid memberitakan kepada saya, ia berkata, ‘Saya mendengar al-Hasan bin al-Jarawi berkata, ‘Saya melewati kubur saudari saya, lalu saya bacakan surat al-Mulk karena riwayat tentang surat al-Mulk.

BACA JUGA:Wasiat Mbah Moen, Cukup Amalkan Doa Ini Jika Rezeki Belum Dikabulkan

Lalu datang seorang laki-laki kepada saya dan berkata, ‘Sesungguhnya aku melihat saudarimu dalam mimpi, ia berkata, ‘Semoga Allah Swt memberikan balasan kebaikan kepada Abu Ali, aku mendapatkan manfaat dari apa yang telah ia baca”.

أخبرني الحسن بن الهيثم قال سمعت أبا بكر بن الأطروش ابن بنت أبي نصر بن التمار يقول كان رجل يجيء إلى قبر أمه يوم الجمعة فيقرأ سورة يس فجاء في بعض أيامه فقرأ سورة يس ثم قال اللهم إن كنت قسمت لهذه السورة ثوابا فاجعله في أهل هذه المقابر فلما كان يوم الجمعة التي تليها جاءت امرأة فقالت أنت فلان ابن فلانة قال نعم قالت إن بنتا لي ماتت فرأيتها في النوم جالسة على شعير قبرها فقلت ما أجلسك ها هنا فقالت إن فلان ابن فلانة جاء إلى قبر أمه فقرأ سورة يس وجعل ثوابها لأهل المقابر فأصابنا من روح ذلك أو غعر لنا أو نحو ذلك

Al-Khallal berkata, “Al-Hasan bin al-Haitsam memberitakan kepada saya, ia berkata, ‘Saya telah mendengar Abu Bakar bin al-Athrasy bin Binti Abi Nadhr bin at-Tamar berkata, ‘Ada seorang laki-laki datang ke kubur ibunya pada hari Jum’at, lalu ia membacakan surat Yasin.

BACA JUGA:Doa Pendek Ini Cukup Dibaca Hari Selasa, Insya Allah Rezeki Datang dari Segara Penjuru

Kemudian pada hari lain ia membacakan surat Yasin. Kemudian ia mengatakan, ‘Ya Allah, jika Engkau memberikan balasan pahala untuk bacaan surat Yasin ini, maka jadikanlah ia untuk para penghuni pekuburan ini’.

Pada hari Jum’at berikutnya, ada seorang perempuan datang, ia berkata, ‘Apakah engkau fulan anak si fulanah?’. Laki-laki itu menjawab, ‘Ya’. Perempuan itu berkata, ‘Sesungguhnya anak perempuan saya telah meninggal dunia, saya melihatnya dalam mimpi, ia duduk di tepi kuburnya’. Lalu saya bertanya, ‘Apa yang membuatmu duduk di sini?’.

Ia menjawab, ‘Sesungguhnya si fulan anak fulanah datang ke kubur ibunya, ia telah membaca surat Yasin dan ia jadikan balasan pahalanya untuk para penghuni pekuburan ini, maka kami mendapatkannya’, atau, ‘Allah memberikan ampunan untuk kami’, atau seperti itu186.

BACA JUGA:Mau Bisnis Anda Lancar dan Berkah, Amalkan Doa Ini Secara Konsisten

Pendapat Imam al-Buhuti

وَيَجِبُ الْإِيمَانُ بِعَذَابِ الْقَبْرِ ) وَسُنَّ ( لِزَائِرِ مَي تٍ فِعْلُ ) مَا يُخَعِ فُ عَنْهُ وَلَوْ بِجَعْلِ جَرِيدَةٍ رَطْبَةٍ فِي الْقَبْرِ ( لِلْخَبَرِ ، وَأوَْصَى بِهِ بُرَيْ دَةَ ذَكَرَهُ الْبُخَارِيُّ . ) وَ ( لَوْ ) بِذِكْرٍ وَقِرَاءَةٍ عِنْدَهُ ( أيَْ الْقَبْرِ لِخَبَرِ الْجَرِيدَةِ لِأَنَّهُ إذَا رُجِيَ التَّخْعِيفُ بِتسَْب يحِهَا فَالْقِرَاءَةُ أَوْلَى
وَعَنْ ابْنِ عَمْرٍو أَنَّهُ كَانَ يُسْتحََبُّ إذَا دُفِنَ الْمَي تُ أَنْ يَقْرَأَ عِنْدَ رَأْسِهِ بِعَاتِحَةِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ وَخَاتِمَتِهَا ، رَوَاهُ اللَّالَكَائِيُّ

Wajib beriman kepada azab kubur. Dianjurkan bagi orang yang berziarah ke kubur agar melakukan perbuatan yang dapat meringankan azab kubur, walaupun hanya sekedar meletakkan pelepah kurma basah di kubur berdasarkan khabar.

Diwasiatkan oleh al-Buraidah agar melakukan itu. Disebutkan oleh Imam al-Bukhari. Meskipun hanya sekedar zikir dan membaca al-Qur’an di sisi kubur berdasarkan khabar tentang pelepah kurma. Jika dengan tasbih pelepah kurma diharapkan meringankan azab kubur, tentulah bacaan al-Qur’an lebih utama.

Sumber: