Minyak Amla, Rahasia Rambut Sehat dan Lebat dan Atasi Kebotakan pada Rambut

Minyak Amla, Rahasia Rambut Sehat dan Lebat dan Atasi Kebotakan pada Rambut

Minyak Amla, Rahasia Rambut Sehat dan Lebat dan Atasi Masalah Kebotakan pada Rambut-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Minyak amla, mungkin sedikit asing di telinga kita. Namun yang pasti minyak ini ternyata sudah sering digunakan untuk perawatan rambut bahkan menjadi obat untuk mengatasi masalah kebotakan pada rambut.  
 
Minyak amla adalah minyak alami yang dihasilkan dari buah pohon gooseberry India atau di Indonesia ada yang menyebutnya buah Amla.

BACA JUGA:Rambut Kering dan Rontok? Tak Perlu ke Salon, Cukup Pakai Minyak Ini, Dijamin Tebal dan Berkilau

Meskipun pohon gooseberry India berasal dari India, saat ini pohon ini juga ditanam secara komersial di daerah Timur Tengah dan Asia.
 
Sementara semua bagian dari pohon amla diyakini memiliki manfaat obat. Buah amla mengandung vitamin C yang sangat tinggi serta beberapa antioksidan dan nutrisi lainnya.

Bukan hanya dibuat cemilan, kita bisa menemukan amla dalam bentuk minyak atau sebagai bahan utama dalam produk rambut di toko kecantikan kesehatan.

BACA JUGA:Tak Hanya Mengatasi Uban, Ini 5 Manfaat Kopi untuk Rambut dan Cara Menggunakannya
 
Berikut manfaat minyak amla:
 
1. Rambut sehat
 
Minyak amla dipercaya sejak dulu dan digunakan di banyak negara untuk meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala.

Sebuah penelitian mendapati minyak amla bisa menjadi penghambat kuat dari 5-alpha reduktase, yaitu kandungan dalam obat yang digunakan untuk mengatasi kebotakan pria.

BACA JUGA:Banyak Yang Belum tahu! Lima Manfaat Kembang Sepatu Bagi Kesehatan Rambut Dan Cara Menggunakannya
 
Selain itu, penelitian lain melaporkan minyak amla efektif dalam menjaga rambut dari parasit, jamur dan bakteri, memperbaiki penampilan rambut, dan meningkatkan pertumbuhan rambut hingga lebat.
 
Berikut manfaat lain minyak Amla bagi rambut:

- Memperkuat kulit kepala dan rambut

- Mengurangi kehilangan pigmen prematur dari rambut, atau memutih

- Mengurangi kerontokan rambut

BACA JUGA:Bukan Menghilangkan Uban, 2 Cara Ini Justru Membuat Rambut Anda Makin Putih

- Mencegah atau mengobati ketombe dan kulit kepala kering

- Merangsang pertumbuhan rambut

- Mencegah dan mengobati infeksi pada rambut yang disebabkan karena bakteri, jamur maupun parasit

2. Pijat Terapi

Selain untuk kesehatan rambut dan mengatasi kebotakan, minyak amla juga menjadi minyak pijat dan sudah umum digunakan.

BACA JUGA:Bambu Petuk Sakti Milik Noviansyah Warga Bengkulu Selatan, Rambut Saja Dipotong Pakai Silet Tidak Putus

Minyak Amla tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Selain itu kandungan vitamin C yang tinggi membuat minyak ini meang baik digunakan sebagai minyak pijat karena mengeluarkan aroma yang menyenangkan sehingga membantu Anda semakin rilek saat dipinjat.

3. Sembelit

Minyak amla bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi sembelit. Dua atau tiga tetes minyak pekat yang diaduk ke dalam gelas jus atau susu delapan ons dapat meringankan sembelit hingga melunakkan feses.

BACA JUGA:Fakta Unik Amla: Buah Rasa Asam dan Pahit Tapi Punya 7 Manfaat Kesehatan
 
Manfaat minyak amla secara umum antara lain:
 
Selain membantu menyehatkan rambut, sembelit dan pinjat terapi, Minyak Amla juga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, mengendalikan kadar kolesterol, mengendalikan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan dan fungsi otak, mengurangi efek penuaan dini, meningkatkan penglihatan.

Kemudian mengurangi kulit kering, mengurangi dehidrasi, mencerahkan kulit, memperbaiki fungsi pernapasan dan batuk, mengurangi waktu pemulihan flu, mengurangi risiko kanker dan penyakit kronis, meningkatkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan kardiovaskular,
mengurangi munculnya bekas luka, noda, tanda penuaan, dan kerutan.

BACA JUGA:Hewan Menggelikan Ini Memiliki Khasiat Luar Biasa, Sembuhkan Penyakit Kulit Hingga Raja Singa

Selain itu, meningkatkan penglihatan dan kesehatan mata, mengurangi peradangan, meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan, meningkatkan kesuburan pria.
 
Perlu diketahui, Minyak amla memiliki kekentalan yang berbeda-beda, tergantung kandungan air di dalamnya. Semakin cair tekstur minyak amla yang Anda punya, akan semakin sedikit jumlah minyak di dalamnya dan fungsinya tentu kurang maksimal.
 
Para peneliti menemukan konsentrasi ideal minyak amla menjadi larutan yaitu 7,5 persen dengan air. Jadi, ketika Anda membeli minyak amla, perhatikan bentul kekentalannya dan ikuti petunjuk pada paket.

BACA JUGA:Bukan Cuma Jadi Bumbu Masak, dr Zaidul Akbar Sebut Ada 7 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan
 
Jika digunakan pada rambut Anda, beli dalam bentuk minyak dari toko kesehatan atau kecantikan. Anda mungkin juga bisa menemukannya sudah dicampur menjadi produk rambut.

Pada umumnya minyak amla tidak memiliki efek samping. Namun dalam beberapa kasus, penggunaan minyak amla memicu Lichen planus pigmentosus (LPP), terutama dengan paparan sinar UV dan pada seseorang yang berkulit gelap. (red)

Sumber: