Mau Beli Rumah? Jangan Sepelekan 6 Hal Penting saat Proses Serah Terima, Nomor 6 Rawan Gugatan

Mau Beli Rumah? Jangan Sepelekan 6 Hal Penting saat Proses Serah Terima, Nomor 6 Rawan Gugatan

Mau Beli Rumah? Jangan Sepelekan 6 Hal Penting saat Proses Serah Terima, Nomor 6 Rawan Gugatan-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Membeli rumah baru merupakan salah satu impian seseorang, terlebih bagi mereka yang telah berumah tangga.

Hanya saja, sebelum rumah tersebut benar-benar menjadi milik Anda dan diterima secara sah, ada beberapa hal penting yang harus lakukan. Khususnya saat proses serah terima rumah.

serah terima adalah momen ketika kunci fisik rumah diserahkan kepada Anda dan menjadi tanda jika Anda pemilik sah rumah tersebut.

BACA JUGA:Anda Peserta Jamsostek dan Belum Punya Rumah? Yuk Manfaatkan Layanan BPJS Ketenagakerjaan, Ada KPR Subsidi Loh

Tetapi sebelum tahap ini tercapai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diperiksa untuk memastikan bahwa rumah tersebut memenuhi standar kualitas dan spesifikasi yang dijanjikan.

Berikut adalah 6 hal yang perlu diperhatikan sebelum proses serah terima rumah baru yang dihimpun dari berbagai sumber

1. Dokumen dan Kontrak

Periksa dengan teliti semua dokumen pembelian rumah, terutama akta kepemilikan, akta jual beli, dan perjanjian tertulis lainnya yang telah Anda tandatangani.

Pastikan bahwa dokumen tersebut sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat dan tidak ada ketidaksesuaian yang mencolok.

BACA JUGA:Kemiskinan Masih Merongrong Bengkulu Selatan, Ribuan Rumah Tak Layak Huni Terdeteksi, Ada yang Memperihatinkan

Periksa juga janji dari pemilik sebelumnya atau pengembang terkait peralatan dan fasilitas yang seharusnya ada dan berfungsi.

Jika terdapat perbedaan antara kontrak dan kondisi yang ada di lapangan, Anda berhak menuntut spesifikasi sesuai dengan kontrak.

Pastikan hal ini dibahas dengan pihak berwenang sebelum proses serah terima dilakukan.

2. Kualitas Bangunan

Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kualitas bangunan, termasuk dinding, atap, lantai, dan plafon. Perhatikan apakah ada kerusakan atau retakan yang signifikan.

Periksa juga instalasi listrik, air, dan gas. Uji saklar, stop kontak, dan kran untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Selain itu, periksa kualitas finishing rumah, termasuk cat dinding, lantai, keramik, dan perabotan yang telah dijanjikan dalam kontrak.

BACA JUGA:Buah Tetangga Masuk Perkarangan Rumah, Bolehkah Diambil? Ustadz Adi Hidayat: Ingat, Jangan Diqiyaskan

3. Drainase dan Sanitasi

Drainase yang efisien sangat penting untuk mencegah masalah kebocoran dan kerusakan akibat genangan air. Periksa saluran air, saluran pembuangan, dan toilet untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Pastikan tidak ada masalah kebocoran atau penyumbatan yang dapat mengganggu kenyamanan di rumah baru Anda. Pemeriksaan ini akan membantu Anda menghindari masalah yang mungkin timbul di masa depan.

4. Izin dan Sertifikat

Sebelum menerima kunci rumah, pastikan bahwa rumah tersebut telah memenuhi semua peraturan dan perizinan yang diperlukan.

BACA JUGA:6 Benda di Rumah yang Jika Hilang Bisa Buat Panik Hingga Emosi, Nomor 6 Biasanya di Kepala

Anda harus mendapatkan semua sertifikat yang sesuai, seperti sertifikat izin mendirikan bangunan (IMB), sertifikat lingkungan, atau sertifikat lain yang diperlukan sesuai regulasi daerah.

Izin dan sertifikat yang lengkap memberikan kepastian bahwa rumah Anda dibangun dan dioperasikan secara sah.

5. Pemahaman tentang Biaya Tambahan

Selain biaya pembelian rumah, mungkin ada biaya tambahan yang akan muncul.

Biaya tambahan ini meliputi biaya pemeliharaan bulanan atau tahunan, pajak properti, biaya asuransi, dan biaya terkait kepemilikan rumah lainnya.

Memahami dan merencanakan anggaran untuk biaya-biaya ini adalah bagian dari kesiapan Anda sebagai pemilik rumah baru.

BACA JUGA:Cocok Ditanam di Rumah, 5 Tanaman Hias Bisa Mengurangi Polusi Udara, Udara Dijamin Bersih

6. Batas Tanah

Sumber: