Gula Darah: Penyebab dan Tips Mengatasi Hiperglikemia dalam Tubuh Secara Alami

Gula Darah: Penyebab dan Tips Mengatasi Hiperglikemia dalam Tubuh Secara Alami

Kadar Gula Darah Dalam Tubuh Segini Wajib Waspada, Berikut 7 Tips Mengatasi Hiperglikemia-istimewa-freepik.com

Menurut penelitian dari Colombia University dan Boston Children's Hospital, mengurangi karbohidrat dan mengawali makan dengan sayuran serta protein sebelum mengonsumsi karbohidrat dapat membantu menjaga kadar gula darah.

BACA JUGA:Daun Sambiloto: Tanaman Pahit yang Punya Manfaat Selangit

3. Minum Ramuan Daun Kemangi secara Rutin

Daun kemangi diketahui dapat meningkatkan sekresi insulin. Minum air rebusan daun kemangi secara teratur dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

4. Lakukan Olahraga secara Teratur

Olahraga membantu tubuh lebih sensitif terhadap insulin dan secara bertahap dapat menurunkan kadar gula darah. Olahraga seperti jogging selama 45 menit dapat menurunkan gula darah hingga 155 mg/dl, menurut penulis buku "Eat What You Love" Michelle May MD.

5. Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur

Meningkatkan konsumsi buah dan sayur dapat membantu pencegahan diabetes serta meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh.

BACA JUGA:Bukan Hanya Buah, Air Rendaman Kurma Saja Baik Bagi Kesehatan, Berikut Manfaatnya

Beberapa contoh sayuran yang dapat dikonsumsi adalah kol, brokoli, kacang-kacangan, dan bayam. Buah-buahan seperti buah naga yang tinggi akan vitamin C juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta menurunkan kadar glukosa.

6. Atur Pola Istirahat

Kualitas tidur yang baik penting dalam mengatur kesehatan tubuh dan mengendalikan diabetes. Orang dewasa sebaiknya istirahat minimal 8 jam per hari, namun kualitas tidur juga memiliki peran penting.

Kurang tidur dapat meningkatkan kadar gula darah hingga 23 persen, menurut riset dari University Of Chicago. Mengurangi stres juga merupakan cara untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. (red)

Sumber: