Gaji Naik, Pendaftar Calon KPPS di Bengkulu Selatan Membludak, Formulir Kekurangan, Biaya Kesehatan Dikeluhkan

Gaji Naik, Pendaftar Calon KPPS di Bengkulu Selatan Membludak, Formulir Kekurangan, Biaya Kesehatan Dikeluhkan

KPU Bengkulu Selatan menggelar rakor pemantapan rekrutmen KPPS yang dihadiri seluruh PPK dan PPS-andri irawan-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Pendaftaran calon kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten BENGKULU SELATAN yang dibuka sejak 11 Desember disambut baik warga.

Besaran gaji KPPS di Pemilu 2024 yang cukup menggiurkan tak lain menjadi faktor penyebabnya. Jumlah pendaftar membludak.

Saking banyaknya pendaftar, fomulir pendaftaran disediakan di beberapa panitia pemungutan suara (PPS) pun sempat kekurangan.

BACA JUGA:KPU Bengkulu Selatan Gelar Rakor Pemantapan Rekrutmen Calon KPPS Pemilu 2024

"Pas ke PPS, formulirnya habis. Jadi besoknya baru dapat," ujar salah seorang warga Kecamatan Manna, Bengkulu Selatan yang enggan namanya disebutkan kepada Raselnews.com.

Menurut warga tersebut, ada kenaikan jumlah pendaftar yang sangat signifikan dengan bandingkan Pemilu 2019 lalu.

Menariknya, saat bertanya kepada PPS wilayahnya, ternyata calon anggota KPPS didominasi kaum perempuan atau ibu-ibu.

"Kalau (pemilu) 2019 sepi, tak banyak daftar. Kalau sekarang, formulir sempat kehabisan. Wajar saja. Kan gajinya naik,"sambungnya.

BACA JUGA:KPU Pastikan Gaji KPPS di Pemilu 2024 Naik 100 Persen Lebih, Ada Tunjangan Rp 36 Juta

Hanya saja warga tersebut mengeluhkan terkait biaya untuk mendapatkan surat keterangan sehat dari Puskemas yang menjadi syarat utama untuk mengikuti seleksi calon anggota KPPS. 

Sebab untuk mendapat surat tersebut warga harus mengeluarkan kocek Rp 70 ribu. "Karena biaya besar, jadi surat itu saya ambil ke klinik. Murah hanya Rp 25 ribu," imbuhnya.

Terpisah, Anggota KPU Bengkulu Selatan, Aldi Akbar membenarkan banyak warga yang ingin menjadi calon anggota KPPS di Pemilu 2024.

Hal ini tentu disambut baik oleh KPU. Dengan banyaknya pendaftar, PPS akan semakin selektif memilih sehingga akan mendapatkan anggota KPPS yang benar-benar berkualitas sehingga pemungutan suara pada 14 Februari 2024 berjalan baik dan lancar.

BACA JUGA:KPU Bengkulu Selatan Butuh 4.088 KPPS Pemilu 2024, Pendaftaran 11-20 Desember, Berikut Syaratnya

Sumber: