Bukan Cuma Buahnya, Daun Sirsak Ternyata Punya Banyak Manfaat, Anti Kanker Hingga Mengurangi Peradangan

Bukan Cuma Buahnya, Daun Sirsak Ternyata Punya Banyak Manfaat, Anti Kanker Hingga Mengurangi Peradangan

Manfaat daun sirsak-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Ketika menyebut nama Sirsak, pastinya mengarah pada buah dengan kulit berduri dan daging buah yang lembut serta berair dengan rasa manis dan asam. 

Menaiknya, bukan cuma buahnya, daun sirsak ini ternyata juga punya banyak manfaatnya bagi kesehatan. Mulai dari mencegah aktivitas kanker hingga mengurangi peradangan.

Sirsak merupakan buah tropis yang lezat dan terkenal karena rasanya yang manis dan segar. Khusus Daun sirsak mengandung berbagai senyawa aktif yang bermanfaat bagi kesehatan.

BACA JUGA:7 Manfaat Minyak Lavender untuk Rambut dan Kulit Wajah

Telah terbukti melalui penelitian bahwa daun sirsak memiliki beragam manfaat dalam pengobatan berbagai kondisi kesehatan.

Nah berikut beberapa manfaatnya daun sirsak berdasarkan penelitian:

1. Antikanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak mengandung senyawa-senyawa fitokimia yang memiliki aktivitas antikanker, terutama terhadap beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kolorektal.

Senyawa asetogenin dalam daun sirsak diyakini memiliki efek anti-kanker yang kuat.

BACA JUGA:Bukan hanya Ibu Hamil, Asam Folat Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit dan Menunda Penunaan Dini

2. Antiinflamasi

Ekstrak daun sirsak terbukti memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini dapat bermanfaat dalam mengurangi gejala penyakit inflamasi seperti artritis dan penyakit radang usus.

3. Antioksidan

Daun sirsak mengandung senyawa-senyawa antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan senyawa fenol. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada perkembangan penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

BACA JUGA:5 Manfaat Kesehatan Kulit dari Daun Pegagan, Tanaman Liar Tepi Jalan yang Sering Diabaikan

4. Antimikroba

Ekstrak daun sirsak telah menunjukkan aktivitas antimikroba terhadap berbagai jenis bakteri dan jamur, termasuk yang resisten terhadap antibiotik.

Ini menunjukkan potensi daun sirsak sebagai agen antimikroba alami untuk membantu melawan infeksi.

5. Menurunkan tekanan darah

Sumber: