Pasti Bikin Jijik! Ini Penyebab Penyakit Tipes, Kelompok Ini Paling Rentan

Pasti Bikin Jijik! Ini Penyebab Penyakit Tipes, Kelompok Ini Paling Rentan

Penyebab Penyakit Tipes, Kelompok Ini Paling Rentan -istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Penyakit tipes atau typhoid fever adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri salmonella tipi. Jika Anda tahu, pasti ini bikin jijik.

Sebab penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk penularan melalui makanan yang terkontaminasi oleh bakteri tersebut yang bisa disebabkan oleh lalat atau vektor lainnya.

Bakteri salmonella tipi berasal dari tinja seseorang yang terinfeksi sebelumnya. Penularan bisa terjadi melalui makanan yang terkontaminasi atau melalui peralatan makan yang tercemar oleh air yang tidak bersih.

BACA JUGA:Orang Tidak Merokok Juga Rentan Terkena Penyakit Paru, Kok Bisa? Ini Penyebabnya

Semua orang berisiko terkena tipes jika tidak menjaga kebersihan diri dengan baik.

Tetapi ada beberapa kelompok yang lebih rentan, seperti orang yang tinggal di lingkungan yang kurang higienis, yang melakukan perjalanan ke daerah endemis, yang berkontak dengan pasien tipes, yang bekerja di laboratorium, anak-anak, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah.

BACA JUGA:Bukan Sekedar Sayur, Ini 6 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan, Cegah Serangan Penyakit Ini

Tindakan pengobatan untuk tipes akan bergantung pada kondisi pasien. Beberapa pasien mungkin dapat dirawat di rumah dengan istirahat yang cukup, diet ketat, dan obat-obatan seperti penurun demam, antiemetik, dan anti-diare.

Namun, bagi pasien yang membutuhkan perawatan intensif, rawat inap di rumah sakit mungkin diperlukan. Di rumah sakit, pasien akan menerima terapi cairan, antibiotik, dan pemantauan yang ketat untuk memastikan pemulihan yang optimal.

BACA JUGA:Sering Sakit Kepala? Jangan Anggap Sepele, Bisa Saja Anda Mengidap Penyakit Kronis

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan tindakan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi pasien. (and)

Sumber: