Jika Muncul 4 Tanda Ini di Mobil Anda, Segera Ganti Oli Gardan, Jangan Tunggu Lagi

Jika Muncul 4 Tanda Ini di Mobil Anda, Segera Ganti Oli Gardan, Jangan Tunggu Lagi

Dampak telat mengganti oli gardan pada mobil-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Sebagian besar orang saat ini sudah memiliki mobil dengan transmisi otomatis. Ada satu komponen penting yang tidak boleh Anda lupakan untuk dirawat, yaitu oli gardan.

Sebenarnya, oli gardan tidak perlu diganti secepat oli mesin, karena frekuensi penggantiannya lebih lama.

Biasanya, penggantian oli gardan dilakukan setiap 3 hingga 4 bulan sekali. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu melakukan pengecekan oli gardan secara rutin.

BACA JUGA:Selain Overheat, Ternyata Ini 'Penyakit' Lain Mobil Daihatsu Terios

Jika sebuah mobil sudah lama tidak mengganti oli gardan, biasanya mobil tersebut akan terasa tidak nyaman untuk dikendarai.

Setidaknya ada 4 ciri oli gardan mobil harus segera diganti, dan ini harus anda ketahui sebelum kerusakan mobil semakin parah.

1. Bau Terbakar pada Bagian Gardan Mobil

Ciri pertama yang paling utama adalah adanya bau seperti sesuatu yang terbakar pada bagian gardan mobil Anda. Biasanya, penyebab utama dari bau terbakar yang mencolok ini bisa dideteksi dari arah gearbox mobil.

BACA JUGA:Waspada Oli Palsu! Berikut Tips Menghindari Pelumas Kendaraan Palsu yang Marak Beredar di Pasaran

Gardan mobil menjadi terlalu panas karena oli gardan yang kotor atau bahkan sudah habis. Selain itu, penyebab lainnya juga bisa dikarenakan oli yang digunakan sudah kadaluarsa.

Saat mobil dibawa jalan, akan tercium bau yang tidak sedap, menyerupai aroma sesuatu yang terbakar.

2. Getaran yang Cukup Kencang

Ciri berikutnya adalah getaran yang cukup kencang saat mobil dibawa jalan. Getaran ini semakin kuat saat mobil melewati jalanan lurus atau berbelok.

BACA JUGA:Parkir Mobil di Bawah Terik Matahari Ternyata Efeknya Tak Main-main, Ini Solusinya!

Hal ini biasanya terjadi jika oli gardan sudah lama tidak diganti. Banyak orang berpendapat bahwa getaran akan semakin terasa saat berbelok atau menaikkan kecepatan mobil. Ini bisa menjadi tanda bahwa oli gardan mobil sudah minta diganti.

3. Suara Berisik yang Mengganggu

Selain getaran, Anda juga harus memperhatikan suara berisik yang cukup mengganggu saat mengendarai mobil. Suara ini menyerupai dengungan yang cukup kencang, disebabkan oleh komponen-komponen gardan yang bergesekan tanpa pelumasan yang cukup dari oli gardan.

Sumber: