5 Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Tekanan Darah Rendah

5 Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Tekanan Darah Rendah

cara mengatasi darah rendah dengan mudah--freepik.com

BACA JUGA:Taspen Cairkan Tunjangan Kesehatan dan Tunjangan Khusus Pensiun PNS Mulai 18 Juli 2024, Segini Besarannya

2. Gunakan Stoking Kompresi

Stoking kompresi adalah stoking khusus yang didesain untuk mencegah darah terkumpul pada pembuluh darah vena di kaki. Menggunakan stoking kompresi bisa meredakan gejala darah rendah akibat perubahan posisi.

3. Konsumsi Makanan atau Minuman yang Mengandung Gula

Makanan atau minuman manis dapat menaikkan tekanan darah, terutama gula yang sudah diproses seperti gula jagung. Jika mulai merasakan gejala darah rendah, konsumsi makanan atau minuman manis bisa membantu membuat tekanan darah lebih stabil.

Namun, jangan berlebihan karena bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Konsultasikan dengan dokter untuk pola hidup sehat yang tepat.

BACA JUGA:Manfaat Daun Eceng Gondok untuk Kesehatan, Mulai Menurunkan Gula Darah dan Cegah Penyakit Jantung

BACA JUGA:Kesulitan Bayar Iuran BPJS Kesehatan Mandiri? Pindah KIS PBI Secara Online Saja, GRATIS, Begini Caranya!

4. Konsumsi Jahe

Jahe dipercaya sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk tekanan darah rendah. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi jahe memiliki risiko lebih rendah mengalami masalah tekanan darah.

Anda bisa mencampurkan jahe dengan teh atau menggunakannya sebagai bumbu masakan. Alternatifnya, Anda juga bisa mengonsumsi kayu manis yang memiliki manfaat serupa.

5. Minum Obat Peningkat Tekanan Darah

Ada beberapa jenis obat yang bisa digunakan untuk menangani tekanan darah rendah, biasanya obat yang bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah.

Namun, jangan minum obat sembarangan. Konsultasikan dulu dengan dokter karena jenis dan dosis obat harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing individu. Penggunaan obat yang salah malah bisa menimbulkan efek samping.

BACA JUGA:Selain Hiburan, Mendengarkan Musik Baik untuk Kesehatan, Bantu Redakan Sendi Hingga Pemulihan Stroke

BACA JUGA:Merendam Kaki dalam Air Garam Ternyata Bisa Mengatasi Masalah Kesehatan, Salah Satunya Menghilangkan Bau Kaki

Demikian 5 cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi tekanan darah rendah. Semoga bermanfaat ya. Tapi, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter sebelum mencoba cara-cara tadi agar bisa memilih yang paling cocok untuk kondisimu.

Sumber: