Anda Berusia 40 Tahun dan Tubuh Sudah Mudah Sakit? Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya

Anda Berusia 40 Tahun dan Tubuh Sudah Mudah Sakit? Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya

Penyebab tubuh mulai sakit di usia 40 tahun--freepik.com

RASELNEWS.COM - Usia Anda sudah menginjak usia 40 atau sedang menuju usia tersebut dan mulai sakit atau nyeri di persendian, tangan, kaki, atau badan yang terasa kaku?

Atau saat bangun tidur, tubuh terasa tidak segar dan mudah lelah, bahkan mungkin mengalami gangguan seksual? Kenali penyebab dan cara mencegahnya.

Banyak orang mengalami perubahan fisik setelah memasuki usia 40 tahun. Beberapa masalah kesehatan yang umum terjadi adalah osteoporosis, radang sendi (osteoartritis), diabetes tipe 2, serta penyakit neurologis seperti Parkinson dan Alzheimer.

BACA JUGA:Hati-hati! Bekerja Terlalu Keras di Kantor Bisa Sebabkan Sakit Jantung

BACA JUGA:Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Sakit Pinggang, Hentik Sekarang

Selain itu, penyakit jantung dan stroke kini juga mulai muncul di usia 40-an, meskipun sebelumnya lebih sering terjadi pada usia 50 atau 60 tahun.

Salah satu penyebab utama tubuh menjadi lebih rentan adalah sarkopenia, yaitu penurunan massa otot yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Studi menunjukkan bahwa sarkopenia dapat memicu resistensi insulin, yang berhubungan langsung dengan berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Penurunan massa otot ini mulai terjadi pada usia 40-an, dengan laju sekitar 8% per dekade.

BACA JUGA:Kenali Simbol Obat Warung sebagai Pertolongan Pertama Saat Sakit, Jangan Asal Konsumsi

BACA JUGA:Putus Cinta Memang Sakit! Begini Cara Membuat Laki-Laki Menyesal Kehilangan Kamu

Ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan massa otot di usia 40-an, termasuk proses penuaan alami, perubahan hormon, dan penurunan aktivitas fisik.

Hormonal seperti hormon pertumbuhan dan testosteron mulai menurun, yang berdampak pada kemampuan tubuh untuk mempertahankan massa otot. Ditambah lagi, gaya hidup modern yang cenderung kurang aktif juga memperparah situasi ini.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan dan mengurangi risiko masalah-masalah ini setelah usia 40 tahun? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

BACA JUGA:Migrain Bukan Sakit Kepala Biasa, Lakukan Cara Ini untuk Mengurangi Resiko Migrain

BACA JUGA:Sakit Gigi? Lakukan 7 Cara Berikut Ini, Dijamin Pulih dengan Cepat

1. Perbaiki Pola Makan

Diet yang seimbang dan kaya nutrisi sangat penting. Beberapa nutrisi yang perlu diperhatikan adalah omega-3, vitamin D, magnesium, dan asam amino esensial yang membantu mempertahankan massa otot.

2. Olahraga Teratur

Sumber: