Duh...Tebat Gelumpai Mulai Dikotori Sampah, Bupati Bengkulu Selatan Turun Tangan

Duh...Tebat Gelumpai Mulai Dikotori Sampah, Bupati Bengkulu Selatan Turun Tangan

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi membersihkan sampah di Tebat Gelumpai bersama petugas kebersihan-istimewa-

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Mengenakan pakaian celana pendek dan legging serta baju kaos olahraga, Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi turun langsung membersihkan sampah yang mengambang di Tebat Gelumpai.

Orang nomor satu di Bengkulu Selatan itu memungut sampah plastik dari atas rakit yang ditumpanginya. sampah yang didominasi jenis sampah plastik itu dibawa ke atas tebat, kemudian dibuang ke tempat pembuangan akhir.

BACA JUGA:Jumlah Sampah Masuk TPA Bertambah 2 Kali Lipat, DLHK Bengkulu Selatan Usulkan Truk Amrol

BACA JUGA:Jumlah Sampah Masuk TPA Bertambah, DLHK Bengkulu Selatan: Ini Kabar Baik

Aksi kebersihan Tebat Gelumpai itu dilakukan Bupati Bengkulu Selatan pada Minggu, 22 September 2024 pagi. Dalam kegiatan itu, Bupati didampingi Kepala Dinas LHK Bengkulu Selatan, serta beberapa orang petugas sapu jalan.

Melalui aku fans page facebook Gusnan Gundul, Bupati menyampaikan tujuannya membersihkan Tebat Gelumpai adalah agar lokasi itu bersih dari sampah, dan terpenting ingin menyadarkan masyarakat agar tidak membuang sampah ke Tebat Gelumpai.

"Untuk para pengunjung, para pamancing atau pun warga sekitar area Tebat Gelumpai. Mari sama-sama kita jaga kebersihan, dimulai dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi dengan sengaja membuang sampah ke dalam tebat," ajak Bupati.

BACA JUGA:Datang Dari Kota Bengkulu, Buang Sampah Ke Sungai di Bengkulu Selatan, DLHK Meradang

BACA JUGA:Pasar Ampera Butuh Penanganan Serius, Lapak Pedagang Tidak Tertata, Bangunan Tidak Terwat dan Banyak Sampah

Bupati juga menyampaikan dalam waktu dekat Pemda Bengkulu Selatan akan memaksimalkan pengelolaan Tebat Gelumpai untuk destinasi wisata menarik yang berada di kawasan perkotaan.

"Insya Allah dalam waktu dekat kami juga akan memaksimalkan tebat untuk menjadi Destinasi wisata baru di dalam Kota," sambung Bupati.

Kawasan Tebat Gelumpai yang berada dalam wilayah Desa Batu Lambang Kecamatan Pasar Manna Bengkulu Selatan ditata menjadi lebih indah pada era pemerintahan Bupati Gusnan Mulyadi.

Pemerintah pusat mengucurkan anggaran lebih Rp20 miliar untuk penataan kawasan Tebat Gelumpai. Hasilnya pun memuaskan. Tebat Gelumpai yang dulunya tidak tertata bahkan terlihat menyeramkan, kini jauh lebih indah.

BACA JUGA:Pantai Panjang Kotor, Puluhan Ton Sampah Diangkut, Ini Kata Gubernur Bengkulu

BACA JUGA:Masyarakat Kaur Keluhkan Sampah dan Limbah Tambak Udang, Komisi: I Kita Cari Solusinya

Di sekeliling Tebat Gelumpai sudah terdapat lintasan jogging track yang bisa digunakan masyarakat untuk berolahraga, bahkan sudah disediakan beberapa kursi untuk duduk bersantai.

Namun karena pengelolaannya belum maksimal, Tebat Gelumpai masih sering menjadi tempat aktivitas negatif. Seperti beberapa waktu lalu terungkap Tebat Gelumpai jadi lokasi pesta seks bertarif Rp5 ribu sekali kencan. (yoh)

Sumber: