TBS Sawit Anjlok, BRI Klaim Angsuran Kredit Tetap Lancar

TBS Sawit Anjlok, BRI Klaim Angsuran Kredit Tetap Lancar

SAMPAIKAN : Pimpinan BRI Cabang Manna menyampaikan keterangan soal angsuran kredit ditengah harga TBS anjlok, kemarin (21/7)-sugio aza putra-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Meski banyak petani kelapa sawit di Bengkulu Selatan yang mengeluhkan turunnya harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit sejak tiga bulan terakhir, namun angsuran kredit di perbankan seperti tidak kena imbas. Salah satunya di BRI Cabang Manna, pembayaran angsuran kredit dari nasabah tetap lancar. Tidak ada kredit macet meski harga TBS sawit anjlok.

“Sejauh ini tidak ada peningkatan angka kredit macet meski harga TBS sawit turun. Angsuran dari nasabah tetap lancar,” kata Pimpinan Cabang BRI Manna, Riko Adiansyah S saat diwawancara usai kegiatan di Pasar Ampera, kemarin (21/7).

Pihaknya diakui Riko memang sudah menyiapkan antisipasi untuk mencegah kredit macet. Salah satunya dengan bimbingan dan pengawalan. Pihaknya turut membimbing dan mengawal para nasabah pandai mengelola keuangan dan tetap lancar dalam membayar angsuran.

BACA JUGA:Harga Sawit Rendah, Ini Solusi Dari Luhut

Meski harga TBS sawit anjlok, lanjut Riko nasabah mungkin sudah mempersiapkan bekal untuk menghadapi hal tersebut. Sehingga kurun waktu tiga bulan ini, pembayaran angsuran kredit bank tetap lancar. “Selain petani sawit, nasabah kami juga ada yang punya RAM. Khusus yang punya RAM, itu memang tidak pengaruh meski harga TBS sawit turun, soalnya keuntungan tetap sama meski harga rendah atau tinggi,” sambung Riko.

BACA JUGA:PKS Diminta Patuhi Ketetapan Harga TBS Kelapa Sawit

Riko menyatakan dampak ekonomi turunnya harga TBS sawit segera teratasi. Sebab pemerintah sudah membuat beberapa kebijakan untuk menaikkan harga TBS sawit, salah satunya menggratiskan pajak ekspor CPO dan turunannya. “Saat ini harga TBS sawit kan sudah mulai naik lagi. Meski belum sampai Rp3 ribu seperti dulu, bertahap akan normal lagi,” harap Riko. (yoh)

Sumber: bank rakyat indonesia