Resahkan Pasien, Ratusan Kucing di RSHD Ditangkap

Resahkan Pasien, Ratusan Kucing di RSHD Ditangkap

EVAKUASI : Tim Damkar Bengkulu Selatan mengevakusi kucing liar yang berada di RSHD Manna, Kamis (11/8).-rezan okto wesa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN  - Pihak Rumah Sakit Umum Hasanuddin Damrah (HD) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) terpaksa mengevakuasi ratusan kucing liar yang berkeliaran di RSHD Kamis (11/8), lantaran sudah mengganggu kenyamanan pasien yang tengah menjalani rawat nginap. 

Evakuasi melibatkan personel Pemadaman Kebakaran (Damkar) BS, yang sudah berpengalaman mengevakuasi hewan liar. Kabid Sarpras dan Sumber Daya RSHD, Robert Ginting mengaku, rencana evakuasi ratusan kucing liar sudah sejak beberapa bulan lalu. 

BACA JUGA:Satpol-PP dan Damkar Bengkulu Selatan Usulkan 277 Formasi Calon PPPK

Sebab, dari pantauan mereka, populasi kucing di RSHD sudah sangat banyak. Bahkan, ada puluhan induk kucing diduga melahirkan di atas plafon ruang pasien. Hal tu membuat kondisi ruang menjadi kotor dan menimbulkan bau tidak sedap. Bahkan, pihaknya kerap menerima laporan keluarga pasien yang merasa resah lantaran kucing sering naik ke tempat tidur pasien yang sedang dirawat.

“Jumlahnya  (kucing liar) sudah sangat banyak, capai ratusan. Ini mengurangi kenyamanan pasien yang berobat di sini,” ujar Robert. Dijelaskan Robert, nantinya kucing liar yang berhasil ditangkap petugas Damkar BS akan dipindahkan ke lokasi lain yang dianggap akan mengganggu masyarakat. 

“Namun, kucing di sini tidak akan dievakuasi total. Beberapa ekor akan tetap di sini (RSHD) karena sebagai pengendali tikus. Sebab, kalau kucing ini habis, tikus bisa berkembang cepat dan menimbulkan masalah baru lagi,” jelasnya.

BACA JUGA:Dua Sarang Tawon Ancam Warga, Damkar Bertindak

Sementara itu, Kabid Damkar Dinas Satpol-PP dan Damkar BS, Efredy Gunawan, S. STP, M.Si mengaku, di hari pertama evakuasi, pihaknya sudah berhasil menangkap 30 ekor kucing liar. Penangkapan dilakukan secara langsung, yakni petugas yang menggunakan baju dan sarung tangan khusus langsung menangkap kucing ketika tengah bersantai di halaman RS. 

“Belum bisa langsung dievakuasi sehari. Karena kucing ini kabur ketika dihampiri petugas. Sementara ini, sudah 30 yang berhasil ditangkap dan segera kami evakuasi ke beberapa wilayah objek wisata. Sebab, di objek wisata cukup ramai dikunjungi. Dengan demikian, sudah pasti ada sisa makanan yang tersisa dan dapat dimakan kucing,” jelas Efredy. (rzn)

 

Sumber: