Bengkulu Belum Tetapkan Status Darurat Bencana

Bengkulu Belum Tetapkan Status Darurat Bencana

Rapat : Gubernur Bengkulu saat memimpin rapat terkait banjir beberapa waktu lalu-Lisa Rozari-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah memastikan, Pemerintah Provinsi Bengkulu belum menetapkan status tanggap darurat bencana. Penetapan ini perlu kajian dan pernyataan dari Kabupaten/kota.

"Jadi sekarang kita menunggu pernyataan dari kabupaten/kota, jadi akumulasi dari semua itu akan jadi keputusan," kata Gubernur, Selasa (6/9).

Kata Gubernur, keputusan dari Kabupaten/Kota itulah yang menjadi dasar, apakah penetapan status tanggap bencana ini cukup di kabupaten/Kota saja, atau harus ditetapkan tingkat provinsi. Saat ini pemerintah masih mendata jumlah kerusakan dan sebarannya. Data tersebut menjadi kajian bagi pemerintah.

"Ketika sudah semuanya didata, barulah kita tetapkan statusnya," kata Rohidin.

BACA JUGA:Bupati Tetapkan Tanggap Darurat Bencana

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, empat Kabupaten/Kota sudah menetapkan status tanggap darurat bencana, yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Seluma. Penetapan status ini berlaku hingga 14 hari kedepan sejak diberlakukannya status tersebut.

Dengan telah ditetapkannya status tanggap darurat bencana provinsi ini, maka untuk penanganan daerah terdampak banjir dan longsor dapat mengajukan Dana Siap Pakai (DSP) ke pemerintah pusat dan dana Belanja Tak Terduga (BTT) ke pemerintah daerah terkait.

Kepala BPBD Provinsi Bengkulu, Jaduliwan mengatakan, dengan penetapan ini operasional penanganan bencana dapat lebih maksimal dan terkoordinir. "Kalau untuk wilayah yang terdampak banjir saat ini sudah mulai surut," kata Jaduliwam.

Logistik Disalurkan

Sementara itu, sebanyak 410 paket sembako untuk korban terdampak banjir dan longsor telah didistribusikan oleh Bidang Logistik BPBD Provinsi Bengkulu. Penyaluran logistik telah dilakukan.

BACA JUGA:3 Wilayah di Bengkulu Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

Sebagian melalui BPBD Kota/Kabupaten terdampak maupun didistribusikan langsung ke beberapada lokasi terdampak. Bantuan ini berasal dari stok logistik BPBD Provinsi Bengkulu dan bantuan dari pihak luar, yakni BRI Cabang Bengkulu, Bappeda Provinsi Bengkulu dan Satgas BUMN.

"Hingga saat ini Posko BPBD Provinsi Bengkulu masih menerima bantuan untuk korban banjir longsor dan siap menyalurkannya," pungkasnya. (cia)

Sumber: gubernur bengkulu