Tanah Longsor dan Banjir Selalu Mengintai

Tanah Longsor dan Banjir Selalu Mengintai

Salah satu titik rawan longsor di wiayah Ulu Manna-dok-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir di wilayah kabupaten Bengkulu Selatan patut diwaspadai. Pasalnya bisa memicu terjadinya bencana tanah longsor dan banjir.

Akibat, struktur tanah yang labil, membuat mudahnya terjadi longsor dan mengakibatkan bencana pada masyarakat yang bermukim pada posisi tanah yang lebih rendah atau posisi miring. Begitupun juga akan terjadi banjir pada daerah yang memiliki saluran air yang kurang baik.

Wakil Bupati (Wabup) BS, H.Rifa'i Tajudin S.Sos selalu mengingatkan warga agar terus waspada terhadap curah hujan yang tinggi mulai mengguyur Bumi Sekundang Setungguan beberapa hari terakhir ini dan kedepan.

"Setelah hujan turun biasanya wilayah yang menjadi langganan longsor di jalur lintas perbatasan kecamatan Ulu Manna dengan Pagaralam Sumatera Selatan. Untuk itu, kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten BS selalu ingatkan warga melintas untuk waspada, begitupun bagi warga yang tinggal di wilayah aliran sungai menjadi langgagan banjir agar meningkatkan kewaspadaan," imbau Wabup.

BACA JUGA:Ini Delapan Kabupaten/Kota yang Terdampak Banjir dan Tanah Longsor di Provinsi Bengkulu

Dikatakan Wabup, curah hujan yang tinggi sepanjang tahun ini diharapkan tidak menyebabkan bencana. Karena itu, diharapkan kepada warga untuk bersama-sama mengatasi peristiwa ini melakukan normalisasi terhadap saluran air yang ada untuk mencegah terjadinya banjir, termasuk jangan membuang sampah dialiran sungai.

"Ya, tingginya intensitas curah hujan seringkali menyebabkan banjir dan longsor, karena itu selalu jaga kondisi lingkungan seperti saluran drainase dibersihkan dan jangan membuang sampah ke sungai,” terang Wabup.

Ditambahkan Wabup dalam keadaan alam yang kurang stabil, berbagai permasalahan kesehatan pun muncul seperti hadirnya penyakit demam, malaria, diare. Maka dari itu, agar terus selalu perlunya kewaspadaan.

"Banjir dan longsor membawa dampak buruk. Oleh karena itu juga manfaatkan stok pangan sebaik-sebaiknya. Agar alam yang kurang menentu ini masih bisa menopang kebutuhan hidup disaat terjadinya bencana," pesan Wabup. (one)

Sumber: wakil bupati bengkulu selatan