Pemprov Bengkulu Siapkan Lahan Kolam Resapan

Pemprov Bengkulu Siapkan Lahan Kolam Resapan

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah-Lisa Rosari-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Pemerintah Provinsi Bengkulu akan menyiapkan anggaran untuk membantu pembangunan kolam retensi penampungan air.

Kolam retensi ini dibutuhkan untuk menanggulangi banjir di Kota Bengkulu dan sekitarnya.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, Pemprov akan membantu anggaran 30 persen dari total biaya penyediaan lahan kolam resapan ini. Adapun mekanisme yang ditekankan terkait pembebasan lahan dan sharing anggaran antara Pemprov Bengkulu dengan Pemda Kota Bengkulu.

"Pemerintah pusat tidak akan membangun kolam retensi itu jika tidak tersedia lahan. Untuk itu kita minta Pemkot menyediakan lahannya dan anggaran pembebasannya akan dibantu," kata Gubernur, Minggu 18 September 2022.

BACA JUGA:Penanggulangan Banjir, Ini Instruksi Gubernur

Gubernur mengatakan, perencanaan untuk kolam retensi itu telah dibuat dan anggarannya cukup mahal. Sehingga lahan sangat dibutuhkan untuk pembangunannya. Pihaknya telah meminta dukungan dengan legislatif terkait pembangunnya. "Dengan kolaborasi ini maka banjir di Bengkulu bisa teratasi," ujar Gubernur.

Gubernur juga menyebut, persoalan banjir timbul akibat permasalahan yang kompleks. Mulai dari rusaknya Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengkulu hingga tidak adanya drainase permukiman dan perkotaan yang representatif.

Penanganan jangka pendek, kata dia, fokus membangun drainase permukiman dan perkotaan. Lalu pengelolaan sampah di perkotaan. "Banjir membutuhkan penanganan bersama dan lintas sektor," pungkasnya. (cia)

Sumber: gubernur bengkulu